kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,65   -11,86   -1.27%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FDA mengizinkan suntikan booster Pfizer COVID-19 bagi lansia


Kamis, 23 September 2021 / 09:17 WIB
FDA mengizinkan suntikan booster Pfizer COVID-19 bagi lansia
ILUSTRASI. Pfizer BioNTech. REUTERS/Marcelo del Pozo


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada Rabu mengesahkan dosis booster vaksin Pfizer Inc dan BioNTech COVID-19 untuk mereka yang berusia 65 tahun ke atas, semua orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah, dan orang lain yang secara teratur terpapar virus.

Keputusan tersebut membuka jalan bagi peluncuran cepat suntikan booster minggu ini bagi jutaan orang yang mendapatkan dosis kedua vaksin setidaknya enam bulan lalu.

Perubahan pada otorisasi penggunaan darurat vaksin akan memungkinkan booster untuk kelompok-kelompok seperti pekerja perawatan kesehatan, guru dan staf penitipan anak, pekerja ritel dan mereka yang berada di tempat penampungan tunawisma atau penjara, kata Komisaris FDA Janet Woodcock dalam sebuah pernyataan.

Pfizer telah meminta FDA untuk memperluas persetujuan vaksinnya untuk memasukkan booster untuk semua orang berusia 16 dan lebih tua dan mempresentasikan data minggu lalu kepada panel penasihat FDA di luar yang katanya menunjukkan kekebalan yang berkurang dari waktu ke waktu.

Panel memberikan suara menentang proposisi bahwa booster dibutuhkan oleh semua orang tetapi mengatakan bukti menunjukkan bahwa mereka membantu orang tua dan mereka yang berisiko tinggi. 

Dr. William Schaffner, direktur medis dari National Foundation for Infectious Diseases (NFID), mengatakan pernyataan FDA lebih luas tentang siapa yang memenuhi syarat untuk booster jika dibandingkan dengan rekomendasi panel.

Baca Juga: Pfizer sebut vaksin Covid-19 produksinya aman digunakan untuk anak usia 5-11 tahun

"Sangat luas memang, terutama yang antara lain. Itu pada dasarnya dapat memberikan lampu hijau untuk memberikan booster ke proporsi yang sangat besar dari populasi orang dewasa yang divaksinasi sebelumnya," kata Schaffner, yang menjabat sebagai penghubung NFID dengan Komite Penasihat untuk Praktik Imunisasi (ACIP) di Pusat Pengendalian Penyakit AS dan Pencegahan (CDC).

ACIP dapat memberikan suara pada hari Kamis tentang penggunaan suntikan ketiga vaksin, seorang pejabat badan mengatakan pada pertemuan publik panel pada hari Rabu. "Pertemuan ACIP besok di CDC akan difokuskan untuk mengubah ini menjadi rekomendasi resmi untuk implementasi," kata Dr. Amesh Adalja, sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins.

Otorisasi FDA "umumnya sejalan" dengan suara panel penasihat, kata Dr. Jesse Goodman, ahli penyakit menular di Universitas Georgetown di Washington dan mantan kepala ilmuwan di FDA. "Ini adalah kategori yang cukup luas yang memberikan cukup banyak kebebasan untuk menilai penyedia layanan kesehatan dan orang yang memberikan imunisasi," tambahnya.

Presiden Joe Biden dan delapan pejabat tinggi kesehatan termasuk Woodcock mengumumkan pada bulan Agustus niat pemerintah untuk meluncurkan suntikan booster untuk orang berusia 16 dan lebih tua minggu ini, menunggu persetujuan oleh FDA dan CDC.

Selanjutnya: Pejabat kesehatan AS: Penggunaan suntikan penguat COVID-19 dapat diperluas




TERBARU

[X]
×