kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Festival belanja dunia 11.11 resmi dimulai


Minggu, 21 Oktober 2018 / 10:47 WIB
Festival belanja dunia 11.11 resmi dimulai


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Raksaan e-commerce asal Tiongkok, Alibaba Group resmi meluncurkan perhelatan 11.11 Global Shopping Festival 2018 di Tiongkok. 

CEO Alibaba Group Daniel Zhang meresmikan festival belanja dunia tersebut pada Jumat (19/10). Dia menjanjikan, festival untuk tahun yang kesepuluh ini akan menjadi yang terbesar dari segi skala dan jumlah partisipan.

Festival ini juga akan mendemonstrasikan antusiasme konsumen dan merek memanfaatkan strategi New Retail Alibaba yang menggabungkan ritel daring (online) dan luring (offline) melalui teknologi.

“Tahun ini kami memperingati hari jadi 11.11 yang ke-10. Di balik transformasi digital Tiongkok yang sangat eksplosif, pertumbuhan luar biasa festival ini selama satu dekade terakhir telah mendukung pertumbuhan kualitas konsumsi yang stabil di mana hal ini diidamkan oleh konsumen Tiongkok." kata Zhang dalam keterangan resminya dikutip Minggu (21/10).

Konsep 11.11 dicetuskan satu dekade yang lalu. Awalnya, 11.11 atau ‘Single’s Day’ merupakan hari perayaan untuk yang belum memiliki pasangan atau single di Tiongkok. Namun kemudian, Zhang mentransformasi tanggal tersebut menjadi ajang berbelanja terbesar di dunia.

Festival 11.11 pertama yang digelar pada tahun 2009 meraup total transaksi penjualan atau Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 7,8 juta. Di tahun 2017, total GMV meningkat tajam mencapai US$ 25,3 miliar.

Dalam beberapa dekade terakhir jumlah pengguna internet di Tiongkok telah meningkat menjadi 802 juta dan 98% di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam. Alibaba telah berhasil memenangkan hati konsumen Tiongkok dan berharap dapat terus memimpin di bidang inovasi ritel.

“Dalam dua tahun terakhir, kami telah menginisiasi konsep new retail guna mempercepat transformasi digital dari bisnis luring. Kami gembira dengan hasil yang telah kami capai hingga saat ini. Kami akan terus menjadi kekuatan pendorong bagi para pedagang dan pelanggan dalam hal inovasi untuk beberapa dekade mendatang. Tujuan kami adalah menjadi mitra bisnis nomor satu untuk merek-merek dagang, serta destinasi utama konsumen untuk berbelanja,” tambah Zhang.

Tahun ini, 500.000 produk akan tersedia untuk pemesanan terlebih dahulu atau pre-order melalui Tmall dari tanggal 20 Oktober. Para pelanggan dapat menikmati kupon promosi tambahan di Mobile Taobao dan Mobile Tmall. Acara 11.11 Global Shopping Festival tahun ini akan secara khusus menampilkan beberapa fitur yang terwujud berkat adanya New Retail dan program interaktif lainnya.

Festival ini tidak hanya menyasar masyarakta di Tiongkok saja. E-commerce di bawah Alibaba yang lain seperti Tmall World, AliExpress dan Lazada akan ikut membawa festival 11.11 ke penjuru dunia.

Tmall akan memberikan kesempatan bagi merek-merek dagang untuk mengakses kemampuan digital baru. Sebanyak 180.000 merek dagang dari Tiongkok dan berbagai negara di dunia akan berpartisipasi dalam perayaan 11.11 tahun ini. 200.000 toko pintar dari industri pakaian jadi, barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), produk kecantikan, otomotif, dan industri dekorasi rumah akan turut mendorong peningkatan jumlah pembelian di berbagai platform belanja, baik secara luring maupun daring. Tmall Global menyediakan 3.700 kategori produk impor dari 75 negara dan wilayah di platformnya.

Sementara Lazada akan menyelenggarakan 11.11 Shopping Festival pertamanya di enam negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. 11.11 Shopping Festival Lazada menawarkan pengalaman konsumen yang lebih interaktif dan diskon terbesar sepanjang tahun ini di LazMall dan marketplace Lazada.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×