kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fiat Berminat Miliki GM di Eropa


Senin, 04 Mei 2009 / 15:16 WIB


Sumber: AP, Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ROMA. Fiat Goup SpA pada Minggu kemarin mengonfirmasi bahwa pihaknya saat ini tengah dalam pembicaraan untuk membeli seluruh saham General Motor Corp yang beroperasi di Eropa. Langkah ini dilakukan Fiat sebagai upaya menancapkan kuku-kukunya di industri otomotif global.

GM unit Eropa juga meliputi perusahaan asal Inggris Vauxhall dan Saab yang merupakan produsen otomotif Swedia. Kendati demikian, Saab tidak akan termasuk dalam perjanjian tersebut. Perusahaan tersebut sudah direorganisasi dan berada di bawah hukum Pemerintahan Swedia. Dan hal itu akan memisahkan Saab dari unit GM Eropa lainnya.

Sementara itu, Juru Bicara GM Eropa Frank Klaas bilang, pihaknya memiliki sejumlah investor potensial yang belum dapat diutarakan satu per satu. :Tapi kami sudah masuk ke dalam tahap negosiasi yang baik dengan mereka,” jelasnya.

Fiat juga bilang, saat ini pihaknya tengah mengevaluasi kemungkinan untuk melakukan pengembangan bisnis otomotifnya ke bentuk perusahaan yang baru.

Catatan saja, Fiat Group Automobiles saat ini meliputi Fiat, Alfa Romeo dan merek Ferrari. Sebagai tambahan, saat ini Fiat tengah dalam proses mengakuisisi Chrysler LLC tanpa mengeluarkan biaya tunai sepeserpun.

Menurut Fiat, perusahaan baru nanti yang terbentuk akan menghasilkan pendatan mencapai US$ 105 miliar. Dengan demikian, hal itu akan menjadikan produsen otomotif asal Italia tersebut mengempit pangsa pasar paling besar di bunia, termasuk di dalamnya pangsa Amerika Utara.

“Saya rasa, Fiat akan menjadi perusahaan otomotif terbesar dunia. Siapa yang menyangka? Mereka saat ini tengah mempelajari untuk mengakuisisi aset-aset murah yang sedang kesulitan seperti Chrysler dan Opel,” jelas Erich Merkle, Independent Auto Industry Analyst di Grand Rapids.

Sementara itu, terkait akuisisi Chrysler yang harus terlebih dulu disetujui oleh pengadilan kepailitan AS, akan berbentuk pertukaran di mana Chrysler akan mendapatkan akses atas teknologi dan mesin mobil mini milik Fiat. Sementara, mobil-mobil dan truk produksi Chrysler juga akan dijual Fiat melalui jaringan distribusi globalnya.

Merkel menilai, perjanjian tersebut akan menjadikan Fiat sebagai pemain otomotif global. Tapi kemungkinan hal tersebut bukanlah yang terbaik bagi Fiat, karena akuisisi tersebut melampaui batas kemampuan Fiat.

Menurut Merkle, Fiat membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan sinergi terkait dengan desain global, engineering dan operasional manufaktur dengan Chrysler dan unit GM.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×