kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fiat menarik 5,3 juta unit mobil di AS dan Kanada


Senin, 28 Mei 2018 / 10:46 WIB
Fiat menarik 5,3 juta unit mobil di AS dan Kanada
ILUSTRASI. Logo mobil FIAT


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Lagi, produsen otomotif menarik produknya (recall) karena ada cacat produksi. Terbaru, Fiat Chrysler Automobiles NV me-recall lebih dari 5,3 juta unit kendaraan di Amerika Utara.

Fiat menyebutkan, ada kesalahan dalam sistem cruise control (sistem kontrol kecepatan mobil). Fiat menghimbau kepada pemilik kendaraan tidak mengaktifkan sistem tersebut sebelum memperbaharui perangkat lunak.

Menurut Fiat, tidak ada kecelakaan atau cedera terkait kesalahan cruise control tersebut. Namun, ada satu laporan pengemudi di AS dari mobil rental Avis yang menggunakan Dodge Journey 2017 mengaku tidak dapat menonaktifkan cruise control.

Laporan tersebut diterima Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS alias National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pada 2 Maret 2018. Pengemudi mobil tersebut mengemudi Dodge Journey 2017 dengan kecepatan 70 mil per jam (110 km per jam) dengan cruise control.

Pengemudi melaporkan wiper menyala sendiri padahal di-dashboard menunjukkan di angka nol dan cruise contol tidak bisa dihentikan.  "Saya bisa menghentikan mesin dengan rem dan membawa mobil ke sisi jalan," tulis pengemudi itu. Untungnya, ia selamat.

Fiat tidak menyebutkan berapa biaya recall yang disiapkan. Seperti dilansir Reuters, NHTSA meminta pemilik kendaraan memperhatikan peringatan untuk tidak menggunakan cruise control pada kendaraan sampai diperbaiki. Penarikan kembali akan mencakup lebih dari 4,8 juta kendaraan di Amerika Serikat dan 490.000 di Kanada.

Kendaraan yang ditarik

Kendaraan yang akan ditarik kembali akan meliputi kendaraan bertenaga bensin dengan transmisi otomatis berbagai model yang diproduksi dari tahun 2014-2018. Model yang ditarik diantaranya, Chrysler 200, Chrysler 300, Chrysler Pacifica, Dodge Charger, Dodge Challenger, Dodge Journey, Dodge Durango, Jeep Cherokee, Jeep Grand Cherokee, Jeep Wrangler dan Ram 1500, 2500 dan 3500 truk pikap dan Ram 3500/ 4500/5500 truk sasis kabin.

Fiat akan menarik sejumlah kendaraan tambahan yang tidak ditentukan di Meksiko dan pasar lainnya. Sebab kendaraan Fiat Fremont diproduksi dengan platform yang sama dengan Dodge Journey.

Fiat Chrysler akan segera mengungkap masalah melalui tes yang dilakukan oleh para ahli teknik. "Meskipun keadaan luar biasa, kami mengambil tindakan recall karena kami sepenuhnya berkomitmen untuk keselamatan kendaraan," ujar Mark Chernoby, Kepala Kepatuhan Teknis Fiat Chrysler seperti dikutip Reuters.

Perbaikan recall akan bebas biaya dan Fiat akan segera mengingatkan pelanggan yang terkena dampak pada pekan ini. Bukan kali ini saja Fiat tersandung masalah. Pada tahun 2015 silam, Fiat pernah terkena denda karena faktor keselamatan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×