kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Finlandia Selangkah Lagi untuk Bisa Memboyong 64 Unit Jet Tempur F-35 dari AS


Jumat, 11 Februari 2022 / 10:11 WIB
Finlandia Selangkah Lagi untuk Bisa Memboyong 64 Unit Jet Tempur F-35 dari AS
ILUSTRASI. Jet tempur F-35.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Dokumen pembelian jet tempur F-35 oleh Finlandia dari AS kabarnya akan segera ditandatangani pada hari Jumat (11/2) waktu setempat, seorang sumber melaporkan kepada Reuters hari Kamis (10/2).

Finlandia pada bulan Desember lalu telah menyampaikan rencananya untuk mengganti jet tempur F/A-18 yang sudah lawas. Disebutkan juga bahwa pemerintah siap mendatangkan hingga 64 unit jet tempur F-35 dari AS melalui kesepakatan senilai US$ 9,4 miliar.

Dikutip dari Reuters, kesepakatan itu termasuk dalam penjualan militer asing melalui pemerintah AS, dengan Lockheed Martin Corp. sebagai kontraktor utamanya.

Sejumlah sumber yang dekat dengan masalah ini mengatakan bahwa pengesahan dokumen perjanjian akan dilakukan pada hari Jumat. Setelah itu, produksi akan dimulai secepatnya.

Pemerintah Finlandia sebelumnya menargetkan agar jet tempur F-35 bisa datang secara bertahap mulai 2027 mendatang.

Baca Juga: Jerman Berencana Memasukkan Jet Tempur F-35 ke Dalam Daftar Belanja Militer

Duta Besar Finlandia di Washington, Mikko Hautala, mengatakan bahwa pembelian jet tempur dengan jumlah besar ini menunjukkan tekad serius Finlandia untuk membangun kekuatan pertahanannya.

Namun, Hautala menegaskan bahwa pembelian ini tidak terkait dengan situasi keamanan yang rumit di Eropa Timur saat ini.

"Ini adalah tanda lain yang jelas tentang betapa seriusnya Finlandia selalu tentang pertahanan nasionalnya. Ini adalah bagian dari perencanaan jangka panjang kami dan tidak ada hubungannya dengan situasi saat ini," kata Hautala, seperti dikutip Reuters.

Secara geografis, Finlandia berbatasan secara langsung dengan Rusia di bagian barat. Meski letaknya cukup jauh dari pusat konflik di perbatasan Rusia-Ukraina, namun keamanan kawasan tersebut jelas menjadi perhatian utama Finlandia di tahun-tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×