kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Flu babi menjangkiti Bulgaria, 17 ribu babi ternak bakal dimusnahkan


Minggu, 21 Juli 2019 / 21:30 WIB
Flu babi menjangkiti Bulgaria, 17 ribu babi ternak bakal dimusnahkan

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - SOFIA. Sejumlah peternakan babi di Bulgaria terjangkit flu babi Afrika. Daerah yang terjangkit adalah daerah Ruse, yang berada dekat kota Danube di timur laut Balkan.

Menurut juru bicara National Food Safety Bulgaria, sebanyak 17 ribu babi yang terjangkit akan dimusnahkan. Bahkan babi-babi ternak yang berada di radius 3 kilometer zona karantina, termasuk babi di peternakan desa Nikolovo juga akan dimusnahkan.

Pada Juli ini, Bulgaria meningkatkan langkah preventif, untuk mencegah penyebaran demam babi Afrika. Langkah ini diambil setelah ada laporan tentang 30 kasus ini di beberapa daerah termasuk provinsi terluar yang berbatasan dengan Rumania.

Kasus flu babi Afrika di Bulgaria pertama kali dilaporkan pada 3 Juli lalu. Sejauh ini, sudah ada 17 laporan tentang hal serupa. Namun, 16 kasus lainnya terjadi pada babi yang dipelihara di rumah.

Sebelumnya, hari Selasa (16/7) Bulgarian Food Safety Agency (BFSA) mengimbau agar peternak mematuhi aturan pencegahan penyakit. Semua babi yang sakit dan mati harus segera dilaporkan.

Flu babi Afrika mudah menjangkit babi dan celeng. Untungnya, flu ini tidak mempengaruhi manusia.




TERBARU

Close [X]
×