Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire & Technology, mengumumkan realisasi penjualan sebesar KRW 2.127,2 miliar dan laba operasional sebesar KRW 398,7 miliar berdasarkan laporan keuangan gabungan secara global untuk kuartal I-2024.
Penjualan Hankook Tire tercatat meningkat 1,1% secara tahunan atau year on year (YoY), sedangkan laba operasional perusahaan meningkat 108,8% YoY.
Di tengah melemahnya ekonomi global dan ketegangan di Timur Tengah, Hankook Tire terus berkembang di bawah kepemimpinan Hyunbum Cho, Chairman of Hankook & Company Group.
Hankook Tire kini memilih untuk fokus berinvestasi pada penelitian dan pengembangan (R&D) guna mengantisipasi pasar mobilitas di masa depan.
"Dengan strategi ini, Hankook Tire telah sukses memimpin pasar ban kendaraan listrik dan memperluas penjualan produk bernilai tinggi melalui strategi supercar dan merek premium globalnya," tulis Manajemen Hankook Tire dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (20/5).
Baca Juga: Hankook & Company Group Berhasil Mengakuisisi Kepemilikan Saham Hanon Systems
Berkat fokus awal pada mengembangkan teknologi ban untuk kendaraan listrik premium berperforma tinggi, Hankook Tire kini menjadi yang terdepan dalam pasar ban kendaraan listrik global, bahkan sebelum kendaraan tersebut tersedia secara luas.
Hankook Tire terus melakukan pengembangan produk untuk merek ban iON sejak peluncurannya dengan penjualan 202 tipe ban ukuran 16 hingga 22 inci. Pada Maret 2023, iON berhasil mengungguli pesaingnya dalam pengujian yang dilakukan oleh TÜV SÜD, lembaga pengujian dan sertifikasi global.
Tahun ini, Hankook Tire global menargetkan untuk meningkatkan jumlah ban kendaraan listrik dalam bentuk Original Equipment Tire (OET) mobil penumpang dan truk ringan (PCLT) menjadi 25%. Hankook Tire saat ini menyediakan OET untuk model kendaraan listrik seperti Porsche Taycan, Audi e-tron GT, BMW i4, Volkswagen ID.4, Hyundai Ioniq 6, serta Tesla Model Y dan Model 3.
Penjualan ban mobil penumpang dan truk ringan (PCLT) menunjukkan peningkatan dengan penjualan ban berukuran besar (18 inci ke atas) naik sebesar 3,3 poin persentase secara YoY, mencapai 46,8%.
Berdasarkan wilayahnya, persentase penjualan ban penumpang berukuran besar tertinggi tercatat di China (62,5%), diikuti oleh Korea (56,5%), Amerika Utara (56,4%), dan Eropa (37,4%).
Hankook Tire pun telah memenuhi standar kinerja ban untuk kendaraan berperforma tinggi dan merek-merek premium global. Saat ini, perusahaan menyediakan ban terbaru untuk lebih dari 250 model dari hampir 40 produsen mobil, termasuk Porsche, Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan Tesla.
Tidak anya itu,Hankook Tire juga telah menegaskan posisinya sebagai merek ban mobil listrik dengan teknologi dan merek premium terdepan di dunia. Sejak tahun 2022-2023, Hankook Tire telah menjadi pemasok eksklusif dan mitra resmi dari ABB FIA Formula E World Championship, kompetisi balap kendaraan listrik terkemuka di dunia yang diselenggarakan oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).
Selain itu, Hankook Tire juga fokus pada pengembangan teknologi ban dan meningkatkan kinerja ban kendaraan listrik dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari balapan untuk meningkatkan kualitas produknya.
"Harga bahan baku seperti karet sintetis dan carbon black berada pada posisi yang stabil, demikian pula dengan biaya pengiriman melalui laut, turut memberikan kontribusi terhadap kinerja yang baik pada kuartal ini," pungkas Manajemen Hankook Tire.