Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana
KONTAN.CO.ID - AMSTERDAM. Unilever Plc merombak posisi direktur keuangan dan kepala divisi. Langkah ini sebagai bukti dari janji Chief Executive Officer (CEO) Unilever Hein Schumacher untuk mengejar turunnya pangsa pasar hingga level terendah.
Perusahaan asal Belanda ini mengamini perlu fokus melakukan yang terbaik. Unilever saat ini berinvestasi pada lebih dari 30 merek. Schumacher pun tak lagi akan melakukan akuisisi besar-besaran dan mempertahankan target penjualan jangka panjang.
Baca Juga: Laba Unilever Indonesia (UNVR) Menyusut 9,1%, Simak Rekomendasi Sahamnya
Perusahaan ini, seperti dikutip Bloomberg, akan mengeluarkan lebih banyak dana untuk pemasaran guna meningkatkan daya saing, demi mengerek pangsa pasar. Saat ini, pangsa pasar Unilever cuma 38%, terendah dalam sejarah. Penyebabnya, pembeli beralih ke produk pesaing.
Pendekatan ini berbeda dengan strategi yang dilakukan CEO sebelumnya Alan Jope. Saat itu, manajemen Unilever banyak dikritik karena upayanya yang gagal membeli GSK Plc dan dinilai investor mengorbankan profitabilitas.