Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Kawasan Asean masih menyumbang pertumbuhan penjualan bagi Ford Motor Company. Produsen mobil asal Detroit, Amerika Serikat ini mengumumkan, penjualan untuk wilayah Asean tahun 2014 lebih tinggi 5% dari tahun sebelumnya menjadi 100.824 unit.
Torehan itu didorong oleh kinerja setahun penuh di kawasan Filipina, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar. Serta pencapaian pangsa pasar di Thailand meski tengah mengalami perlambatan industri.
Matt Bradley, Presiden Ford untuk Asean menjelaskan, pencapaian ini tidak terlepas dari aksi perusahaan memperluas showroom, line-up kendaraan, dan tim di pasar-pasar yang dinamis tersebut. “Kami mampu untuk melayani begitu banyak pelanggan yang baru terhadap Ford dan lebih jauh memperkuat kehadiran brand kelas dunia kami,” jelas Bradley dalam keterangan tertulisnya yang diterima KONTAN, Rabu (14/1).
Adapun penjualan Ford di Asean ditopang oleh Ford Ranger. Mobil ini menjadi pickup terlaris di Filipina, Vietnam, Myanmar dan kendaraan terlaris ke dua di Malaysia pada 2014. Varian Ranger di tahun lalu tumbuh 10% year on year menjadi 50.190 unit.
"Tampilan tangguh, fleksibel dan kemampuan keseluruhan pickup yang luar biasa ini terus menarik berbagai pelanggan di seluruh Asean, dan memenuhi tuntutan dan kebutuhan pekerjaan dan gaya hidup mereka masing-masing," tambah Bradley.
Tak hanya Ford Ranger, penjualan produsen mobil asal Eropa itu juga ditopang oleh peluncuran jenis sport utility vehicle (SUV) All-New EcoSport urban. Produk yang baru diluncurkan itu dengan cepat menjadi nameplate terlaris ke dua Ford di pasar-pasar utama seperti, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Di 2014, Ford EcoSport telah terjual 18.149 unit di kawasan Asean saja.
"EcoSport telah lebih jauh memperluas showroom kami dan memungkinkan brand Ford untuk terhubung dengan segmen pelanggan yang benar-benar baru di seluruh wilayah Asean," tutup Bradley.