kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Fox sepakat beli Credible seharga US$ 397 juta


Senin, 05 Agustus 2019 / 16:05 WIB
Fox sepakat beli Credible seharga US$ 397 juta

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Perusahaan media asal Amerika Serikat (AS) Fox Corp sepakat untuk membeli Credible Labs Inc. Mengutip Reuters, Senin (5/8) nilai kesepakatan terhadap perusahaan pinjaman online ini mencapai US$ 397 juta, lantaran Fox berniat untuk menggenjot pertumbuhan setelah menjual beberapa film dan sejumlah aset ke Disney.

Di tengah kondisi industri media yang menantang, perusahaan yang berbasis di San Fransisco yakni Credible Labs ini memberikan paparan kepada Fox terkait potensi bisnis penyedia layanan peminjam ritel dan pemilik dana di pasar hipotek AS mencapai US$ 1,6 triliun dalam satu tahun.

Baca Juga: 20th Century Fox rilis trailer Terminator: Dark Fate

"Akuisisi Credible menggarisbawahi strategi digital inovatif Fox Corporation yang menekankan interaksi langsung dengan konsumen kami," terang Lachlan Murdoch, CEO dan Chairman Fox Corp dalam keterangan resminya kepada media.

Platform online milik Credible antara lain menyediakan pemeriksaan kredit kepada peminjam yang mencari dana untuk keperluan pelajar maupun pribadi, dan menggunakan informasi itu kepada pemilik dana untuk menggali potensi pengembalian uang dan perolehan keuntungan (refinancing).

Perusahaan teknologi finansial (tekfin) ini sudah bersinergi dengan bisnis Fox dan bisnis Televisi Fox dan akan bergabung dengan aplikasi Fox Sport, dan beberapa konten di Fox Now. 
Lewat cara ini, kedua perusahaan berharap dapat mencetak pertumbuhan dari sisi laba.

Perusahaan media ini melakukan aksi korporasi pertama, setelah memulai debutnya di Nasdaq pada bulan Maret setelah penjualan aset film dan televisi Twenty-First Century Fox Inc kepada Disney senilai US$ 71 miliar.

Baca Juga: Sinclair beli 21 jaringan olahraga Walt Disney senilai US$ 10 miliar

Cara ini dilakukan lantaran bisnis penyiaran saat ini sangat bergantung pada layanan televisi berbayar yang kini semakin kompetitif.

Credible mengatakan para pemegang sahamnya bakal memperoleh A$ 2,21 dalam bentuk tunai, dengan nilai valuasi sekitar A$ 585 juta. Adapun, harga penawaran Fox mewakili premi sebesar 7% hingga penutupan terakhirnya sebesar A$ 2,06 pada Agustus 2019.

Pemegang saham mayoritas, pendiri dan Direktur Utama Stephen Dash akan tetap menjadi pemimpin anak perusahaan Fox yang baru dan akan menukar saham dengan sepertiga dari saham biasa Credible yang beredar ke dalam unit-unit anak usaha Fox yang baru dibuat.

Transaksi ini tunduk pada persetujuan pemegang saham. Dewan Direksi Credible yang memiliki 13% saham gabungan di perusahaan setuju dengan suara bulan pada proposal tersebut.

Namun, beberapa pemegang saham minoritas kaget mendengar aksi korporasi ini dan takut kehilangan potensi pertumbuhan perusahaan jika menjual saham saat ini menurut analis Bell Potter Damien Williamson, dengan penilaian Credible pada A$ 2,78 per saham.

"Prematur adalah kata untuk menggambarkan bagaimana beberapa pemegang saham minoritas melihat transaksi ini," kata Williamson. 

Sebab menurutnya, Credible beroperasi di pasar dengan kue yang sangat besar dan punya potensi tinggi untuk dapat meraup cuan.

Berkat pengumuman ini, saham Credible mengalami peningkatan 6,3% menjadi A$ 2,19, lebih baik dibandingkan rata-rata saham di sektor serupa yang turun 1,8%.



Video Pilihan

TERBARU

×