kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Freeport menjual aset di Afrika dan Amerika


Senin, 25 April 2016 / 12:35 WIB
Freeport menjual aset di Afrika dan Amerika


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Yudho Winarto

PHOENIX. Freeport-McMoRan Inc. kembali menjual asetnya demi mengurangi beban utang yang menggunung. Perusahaan pertambangan yang berbasis di Phoenix, Amerika Serikat, ini sedang mengadakan pembicaraan dengan calon pembeli saham minoritas aset-aset Freeport di kawasan Afrika dan Amerika.

Laporan Bloomberg, Sabtu (23/4) lalu, mengutip informasi dari tiga sumber yang mengetahui rencana tersebut, menyebutkan, aset yang bakal dilepas Freeport adalah aset minyak dan gas (migas) di bawah kendali Phelps Dogde Corp. Freeport mengakuisisi perusahaan ini tahun 2007 silam dengan harga US$ 9 miliar.

Uang untuk membeli Phelps Dogde ketika itu bersumber dari utang. Freeport membidik dana dari hasil penjualan saham minoritas Phelps Dogde mencapai US$ 2 miliar–US$ 3 miliar.

Selain itu, salah satu sumber Bloomberg bilang, Freeport juga berniat menjual 10% hingga 20% sahamnya di pertambangan di wilayah Utara dan Selatan Amerika, yakni tambang Morenci di Arizona dan Cerro Verde di Peru.

Sekadar mengingatkan, Februari lalu Freeport sudah menjual sebagian saham tambang Morenci senilai US$ 1 miliar kepada Sumitomo Metal Mining Co. Tambang Morenci merupakan satu di antara lima aset inti milik Freeport selain Cerro Verde. Tiga aset inti yang menjadi tambang duit Freeport lainnya: tambang Tanke Fungurume di Kongo, El Abra di Cile, serta Grasberg di Indonesia.

Sentimen positif

Menurut sumber Bloomberg, dari penjualan saham minoritas, Freeport bisa menekan beban produksi sekaligus mendapatkan uang tunai untuk membayar utang. Untuk penjualan aset migas di Afrika, Freeport telah mempertimbangkan dengan matang rencana itu selama setahun terakhir, termasuk memangkas gaji dan bonus manajemen guna menghemat beban operasional.

Cuma, manajemen Freeport membantah kabar tersebut. Salah satu produsen emas terbesar di dunia ini menegaskan, mereka tidak sedang membahas penjualan aset migas di Afrika dan tambang di Amerika. Tapi, Chief Executive Officer (CEO) Freeport Richard Adkerson pada Januari lalu bilang, perusahaannya akan terus melego aset demi mengurangi timbunan utang senilai US$ 20 miliar.

Yang jelas, seiring isu penjualan aset tersebut, harga saham Freeport naik 1,2% ke level US$ 11,66 per saham pada perdagangan akhir pekan lalu. Bila dihitung sejak awal tahun 2016, saham perusahaan yang berdiri tahun 1912 silam ini sudah menguat 72%, pasca tergerus 71% sepanjang tahun 2015 lalu. Salah satu yang jadi sentimen positifnya: upaya Freeport menyelesaikan utang-utangnya yang menggunung.

Jeremy Sussman, analis Clarkson Platou Securities Inc., mengatakan, rencana Freeport melepas aset-aset intinya mendapat sambutan positif dari pasar. "Sebab, jika harus mengandalkan penjualan aset non-inti, maka akan banyak sekali aset yang harus dijual oleh Freeport," kata dia.  




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×