kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Galaxy S5 bersiap menantang iPhone 5S


Jumat, 10 Januari 2014 / 14:42 WIB
Galaxy S5 bersiap menantang iPhone 5S
ILUSTRASI. Ilustrasi air kelapa.


Sumber: Bloomberg | Editor: Dessy Rosalina

Seoul. Kabar baik bagi Anda pecinta ponsel pintar atawa smartphone racikan Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel) ini bakal merilis Samsung Galaxy S5 pada April 2014. Demi merebut perhatian konsumen, Galaxy S5 ini bakal dipersenjatai sejumlah fitur baru.

Sebut saja pemindai sidik jari yang saat ini terdapat di ponsel pintar racikan Apple. “Banyak orang fanatik menggunakan pemindai retina. Kami sedang mempertimbangkan fitur itu di Galaxy S5," ujar Lee Young Hee, EVP Mobile Business Samsung kepada Bloomberg.

Teknologi pemindai sidik jari dan retina menjadi pilihan Samsung untuk menantang smartphone iPhone di pasar high-end. Pasalnya, ponsel anyar iPhone 5S berhasil menjegal popularitas Galaxy S4. Selain fitur baru, Galaxy S5 bakal muncul dengan desain yang jauh berbeda. "Desain Galaxy S4 tidak jauh berbeda dari S3, itu sebabnya respon konsumen bisa biasa terhadap S4," ujar Hee.

Atas dasar itulah, Galaxy S5 hadir dengan spesifikasi berbeda, termasuk perbedaan ukuran layar. “Galaxy S5 di Maret atau April, Kami juga akan merilis smart watch generasi terbaru secara bersamaan," ujar Hee. Pada kuartal IV tahun 2013, penjualan Galaxy S4 sebanyak 13 juta unit atau turun dari 17 juta di kuartal III 2013.

Sementara, total penjualan smartphone mencapai 91 juta pada kuartal IV 2013. Jumlah ini hanya tumbuh 4% dibandingkan kuartal sebelumnya. Pertumbuhan mini ini lantaran penjualan Galaxy S4 terganjal kemunculan iPhone 5S. 

Note tiga sisi

Sementara, Samsung menggenjot penjualan smart watch lewat fitur baru. Misal, fitur yang bisa mendeteksi konsumsi kalori dan memonitor detak jantung. “Potensi fitur kesehatan sangat besar,” ujar Hee. Samsung juga berambisi menguasai pasar tablet. Generasi terbaru Galaxy Note bakal muncul ke pasaran pada semester II 2014.

Yang unik, Galaxy Note terbaru memiliki spesifikasi tiga sisi display. “Target pasar kami high-end, yakni kaum profesional,” ujar Hee. Tahun ini, Samsung mematok pertumbuhan bisnis 100% di pasar tablet. Tahun 2013, Samsung menjual 40 juta unit tablet di seluruh dunia.

Samsung berencana menggenjot pasar tablet lantaran menyumbang 60% dari total laba operasional. Kompetisi ketat di pasar smartphone high-end membuat margin Samsung mini. Pasar tablet global diprediksi tumbuh 15% di sepanjang tahun 2014. Penjualan tablet di tahun ini diprediksi mencapai 240 juta unit di seluruh dunia. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×