kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gara-gara corona, penjualan personal computer (PC) melonjak 9% di kuartal II-2020


Sabtu, 11 Juli 2020 / 09:04 WIB
Gara-gara corona, penjualan personal computer (PC) melonjak 9% di kuartal II-2020
ILUSTRASI. Hewlett-Packard logo


Sumber: Forbes | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Penjualan personal computer (PC) di seluruh dunia pulih pada kuartal II-2020 setelah naik 9% dari tahun sebelumnya menjadi 72,9 juta unit. Perusahaan riset teknologi Canalys merilis, kenaikan penjualan komputer terjadi karena pasokan yang lebih baik dan kenaikan permintaan. 

Mengutip Forbes, pengiriman PC, termasuk desktop, notebook, dan workstation, mencapai 72,9 juta unit pada kuartal kedua lalu. Dengan hasil ini, penjualan PC di paruh pertama 2020, naik 1% dibandingkan enam bulan pertama tahun 2019.

Kenaikan penjualan didorong oleh penjualan notebook, yang menjadi lebih populer ketika bisnis, mahasiswa, dan staf pemerintah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah di tengah pandemi virus corona. 

Baca Juga: Game gratis dari Epic Games minggu ini, segera klaim!

"Notebook secara terpisah menarik pasar PC dari depresi," kata Direktur Riset Rushabh Doshi dalam sebuah pernyataan. 

"Pasar notebook sangat penting dalam memastikan bahwa sektor layanan, pemerintah dan pendidikan dapat terus berfungsi dalam menghadapi gangguan dan ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya," lanjut Doshi.

Pemasok dan saluran penjualan di industri komputer membuat perubahan nyata guna meningkatkan produksi dan pengiriman notebook ke level tertinggi dalam beberapa tahun. Hal ini juga menjadi patokan bahwa pentingnya notebook untuk mengerek penjualan PC secara keseluruhan. 

"Setelah bertahun-tahun inovasi yang berpusat pada smartphone, pengembang aplikasi juga mengalihkan perhatian mereka ke PC, di mana produktivitas dan kinerja diutamakan," tegas Doshi.

Baca Juga: Sedikit lagi, Tesla segera merealisasikan teknologi mengemudi otonom

Canalys mencatat, setelah kehilangan posisi di kuartal pertama, Hewlett-Packard (HP) mendapatkan kembali pangsa dan menghempaskan Lenovo untuk menjadi pemasok berkinerja terbaik. Penjualan HP cetak rekor setelah mampu menjual 18,1 juta unit, naik 18% dari kuartal pertama 2019.

Lenovo China turun ke posisi kedua, dengan 17,4 juta unit dan pertumbuhan 7%. Di susul Dell yang tumbuh 3% dengan pengiriman 12 juta unit. Acer yang berkantor pusat di Apple dan Taipei berada di lima besar, masing-masing tumbuh 13% dan 21%.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×