kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

Gaung Nike di Piala Dunia 2010 Sodok Adidas


Selasa, 15 Juni 2010 / 14:49 WIB
Gaung Nike di Piala Dunia 2010 Sodok Adidas


Reporter: Femi Adi Soempeno, Nielsen |

Temuan The Nielsen Company ini sungguh menarik.

Di situs jejaring sosial maupun blog yang ada di dunia maya, link pabrikan raksasa Nike yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010 nyatanya lebih banyak ditempelkan ketimbang sponsor resmi Piala Dunia 2010 itu sendiri.

Hasil itu mencuat lewat survei yang dibikin oleh Nielsen selama 7 Mei hingga 6 Juni 2010. Dalam kurun waktu sebulan, link Nike yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010 ditempelkan dua kali lipat lebih banyak ketimbang sponsor resmi Piala Dunia seperti adidas.

Sebanyak sembilan dari 32 tim sepakbola yang berlaga di Piala Dunia 2010 akan menggunakan pakaian maupun sepatu yang dibikin oleh Nike, termasuk AS dan Australia. Sementara itu, Adidas digunakan oleh 12 tim sepak bola. Kampanye Nike yang mengusung 'Write The Future' ini bakal dikenakan oleh Christiano Ronaldo maupun Wayne Rooney.

Video Nike yang bisa diunduh dari You Tube sudah diakses sekitar 14 juta klik sejak pertengahan Mei. Sementara itu, video milik Adidas yang mengusung David Beckham hanya diunduh 2 juta klik.

Nike bukan satu-satunya merek yang sukses menghadang sponsor Piala Dunia 2010 sebagai partner. Carlsberg, sponsor dari tim Inggris, juga memiliki prestasi serupa. Di situs maupun jejaring sosial berbahasa Inggris, pabrikan bir ini bahkan bisa menyingkirkan Budweiser yang menjadi sponsor resmi bir. Hal ini lantaran iklan Carlsberg yang mulai dilansir sejak awal Mei untuk mempromosikan tim Inggris.

"JIka perusahaan Anda merupakan perusahaan global, sangat wajar jika ingin melekatkan perusahaan Anda dengan gelaran dunia seperti Piala Dunia. Namun studi ini menunjukkan bahwa marketing yang cerdas bisa tetap bisa menyedot perhatian publik tanpa harus membuang dana yang begitu besar," kata Pete Blackshaw, Executive VP of Digital Strategy The Nielsen Company.

Gaung Nike di event Piala Dunia 2010 ini menguasai 30,2%, Carlsberg 3,9%, pepsi 2,5% dan Panasonic 1,9%. Merek-merek itu tidak berafiliasi secara resmi dengan Piala Dunia 2010, namun mendapat pangsa yang bisa mengalahkan sponsor resmi dalam tautan di blog maupun situs jejaring sosial.

Sementara itu, gaung Adidas hanya 14,4%, Coca-Cola 11,8%, Sony 11,7%, Visa 7,3%, McD 2,8%, dan KIA/Hyundai 2,4%.Merek-merek itu berafiliasi secara resmi dengan Piala Dunia 2010, alias menjadi partner FIFA.


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×