kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gedung Putih meminta badan kesehatan federal untuk klasifikasikan rapat virus corona


Kamis, 12 Maret 2020 / 05:40 WIB
Gedung Putih meminta badan kesehatan federal untuk klasifikasikan rapat virus corona


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Gedung Putih memerintahkan pejabat kesehatan federal untuk melakukan pertemuan tingkat tinggi rahasia tentang virus corona. Langkah ini merupakan langkah tak biasa yang membatasi informasi dan menghambat tanggapan pemerintah AS terhadap penularan virus tersebut, menurut empat pejabat administrasi Trump.

Mengutip Reuters, Kamis (12/3), pada pejabat mengatakan bahwa puluhan diskusi rahasia tentang topik-topik seperti ruang lingkup infeksi, karantina dan pembatasan perjalanan digelar sejak pertengahan Januari lalu di ruang pertemuan keamanan tingkat tinggi di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS).

Baca Juga: Wall Street tumbang menunggu stimulus besar Trump

Menurut sumber Reuters, staf tanpa izin keamanan, termasuk pakar pemerintah dikeluarkan dari pertemuan antarlembaga, yang mencakup panggilan video konferensi jarak jauh.

"Kami memiliki beberapa orang yang sangat kritis yang tidak memiliki izin keamanan yang tidak dapat ikut," kata seorang pejabat. Ini tidak boleh diklasifikasikan sebagai pertemuan, Tidak perlu."

Sumber tersebut mengatakan Dewan Keamanan Nasional (NSC), yang memberi nasihat kepada presiden tentang masalah keamanan, memerintahkan klasifikasi. "Ini datang langsung dari Gedung Putih," kata seorang pejabat.

Desakan Gedung Putih pada kerahasiaan di organisasi kesehatan masyarakat utama negara itu, yang belum pernah diungkapkan sebelumnya, telah menutup informasi tertentu - dan berpotensi menunda respon terhadap krisis. 

Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus, telah membunuh sekitar 30 orang di Amerika Serikat dan menginfeksi lebih dari 1.000 orang.

HHS mengawasi berbagai agensi kesehatan, termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, yang antara lain bertanggung jawab untuk melacak kasus dan memberikan panduan secara nasional tentang wabah ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×