kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar tender kilang minyak akhir Juni, Presiden Meksiko tekankan kemandirian energi


Senin, 03 Juni 2019 / 06:45 WIB
Gelar tender kilang minyak akhir Juni, Presiden Meksiko tekankan kemandirian energi


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MEKSIKO. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menegaskan kembali perlunya kemandirian energi, dalam hal ini minyak. Mengutip Reuters, Lopez Obrador mengatakan pada Minggu (2/6) pemerintah rencananya akan menggelar tender enam kontrak konstruksi kilang minyak di negara bagian selatan Tabasco pada Juni.

Ketegangan antara Meksiko dan Amerika Serikat semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan mengenakan sanksi tarif untuk barang-barang Meksiko, kecuali Meksiko menghentikan lonjakan migrasi ilegal.

"Kami anak-anak dan cucu-cucu kami bercita-cita untuk hidup di negara yang bebas, mandiri, berdaulat dan kami tidak ingin menjadi koloni negara asing manapun," ujar Lopez Obrador du acara groundbreaking pembangunan kilang, seperti dikutip Reuters.

"Yang paling penting saat ini adalah memproduksi minyak bumi," tambahnya. Lopez Obrador juga mengatakan Meksiko perlu bekerja menuju swasembada energi.

Sebagian besar kebutuhan bensin Meksiko dipenuhi dari impor AS, dan Lopez Obrador ingin agar Meksiko dapat memenuhi permintaannya sendiri.

"Saya ulangi, kami memiliki hubungan baik dengan AS dan dengan semua pemerintah di dunia, tapi kami tidak ingin diekspose dan oleh karena itu, penting bahwa kami swasembada," imbuh Lopes Obrador.

Menteri Energi Meksiko Rocio Nahe mengatakan, Meksiko akan menggelar tender enam kontrak untuk pembangunan kilang minyak pertama negara itu dalam empat dekade.

"Kami akan melakukan tender enam kontrak konstruksi pada akhir Juni sehingga semua bagian yang sedang dibangun dapat dimulai pada waktu yang sama dan kami dapat menyelesaikan kilang dalam tiga tahun," jelasnya.

Investor di perusahaan minyak negara Pemex yang akan membangun kilang menyatakan proyek itu akan mengalihkan dana dari bisnis eksplorasi dan produksi yang lebih menguntungkan.




TERBARU

[X]
×