General Motors Mencatat Penurunan Laba di Kuartal IV-2021 Mencapai 38,7% yoy

Rabu, 02 Februari 2022 | 11:46 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
General Motors Mencatat Penurunan Laba di Kuartal IV-2021 Mencapai 38,7% yoy

ILUSTRASI. General Motors. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD PACKAGE Ð SEARCH ÒBUSINESS WEEK AHEAD JUNE 13Ó FOR ALL IMAGES


KONTAN.CO.ID - MICHIGAN. General Motors mencatat laba kuartal keempat yang lebih rendah karena krisis semikonduktor memukul penjualan kendaraan. Namun, perusahaan masih mencetak rekor laba tahunan.

Mengutip AFP (2/2), produsen mobil AS memperoleh laba US$ 1,7 miliar untuk kuartal yang berakhir pada 31 Desember atau turun 38,7% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah pendapatan turun 10,5% menjadi US$ 33,6 miliar.

Tetapi untuk setahun penuh, GM melaporkan rekor laba US$ 10 miliar dan memproyeksikan laba 2022 antara US$ 9,4 miliar dan US$ 10,8 miliar.

Baca Juga: Perusahaan AS Ekspansi Bangun Pabrik Mobil Listrik dan Chip

Adapun, krisis semikonduktor masih membatasi produksi di beberapa pabrik GM sepanjang tahun 2021 sehingga menghasilkan persediaan yang lebih rendah. Namun, hal tersebut bisa ditopang dengan harga eceran yang lebih tinggi yang telah mendongkrak keuntungan.

Dalam sebuah surat kepada investor, Chief Executive Mary Barra melihat ada prospek perbaikan untuk ketersediaan chip di tahun ini. Oleh karenanya, ia  berharap hasil 2022 bisa lebih kuat dibanding tahun lalu.

Barra pun juga menyebutkan kemajuan terbaru terkait teknologi otonom yang dimiliki GM dan peningkatan kapasitas kendaraan listriknya. Perusahaan berencana memperluas skala, ruang lingkup, dan profitabilitas bisnis yang dimiliki saat ini.

Editor: Handoyo .

Terbaru