kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Geser Facebook, kini TikTok menjadi aplikasi paling laris sedunia


Rabu, 11 Agustus 2021 / 10:12 WIB
Geser Facebook, kini TikTok menjadi aplikasi paling laris sedunia
ILUSTRASI. TikTok menjadi aplikasi terlaris di dunia.


Sumber: Channel News Asia | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Aplikasi media sosial TikTok resmi menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia sepanjang tahun 2020.

Menurut laporan App Annie yang dirilis hari Selasa (10/8), TikTok berhasil menyalip Facebook sebagai aplikasi paling populer.

Dilansir dari Channel News Asia, TikTok yang ada di bawah perusahaan digital ByteDance yang berbasis di China diyakini memiliki 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Meskipun sempat mendapatkan pelarangan di AS semasa pemerintahan Donald Trump, nyatanya ada lebih dari 100 juta pengguna TikTok yang berasal dari Negeri Paman Sam.

Pada tahun 2019, App Annie melaporkan bahwa TikTok ada di posisi keempat dalam daftar aplikasi ponsel terlaris. Naiknya TikTok ke peringkat pertama dalam satu tahun jeas merupakan fenomena tersendiri.

Baca Juga: ByteDance, Pemilik Platform TikTok Ini Kembali Menghidupkan Rencana IPO di Hong Kong

Dalam prosesnya, TikTok berhasil melangkahi Facebook serta dua layanan perpesanan lain yang juga ada di bawah Facebook Inc., yakni Messenger dan WhatsApp.

Untuk menyaingi TikTok, aplikasi media sosial Instagram, yang juga bagian dari Facebook Inc., bahkan menambahkan fitur video singkat baru serupa TikTok dengan nama Reels.

Bulan lalu, TikTok mulai menggulirkan fitur baru dengan menambah durasi video menjadi 3 menit, tiga kali lipat dari batas sebelumnya.

Pengguna TikTok terus bertambah selama masa pandemi ketika banyak orang hanya beraktivitas di rumah. TikTok dianggap menjadi alternatif hiburan untuk mengisi kekosongan.

Jika melihat perkembangannya sejak awal tahun ini, sepertinya TikTok masih akan jadi penguasa dunia aplikasi ponsel di tahun 2021.

Selanjutnya: Aplikasi WeChat Digugat, Giliran Tencent Jadi Incaran Beijing




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×