Giliran Situbondo yang diguncang gempa, kekuatannya 6,4 magnitudo

Kamis, 11 Oktober 2018 | 05:49 WIB Sumber: Kompas.com
Giliran Situbondo yang diguncang gempa, kekuatannya 6,4 magnitudo

ILUSTRASI. PEMANTAUAN LETUSAN FREATIK GUNUNG MERAPI


GEMPA - BANYUWANGI. Telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 dengan pusat gempa berada di 61 kilometer timur laut Situbondo, Jawa Timur, sekitar pukul 01:44:57 WIB pada Kamis (11/10).

Dari keterangan resmi BMKG, gempa di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Namun, goyangan gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Timur, antara lain Banyuwangi, Bondowoso, Jember, hingga Malang. Bahkan gempa juga dirasakan hingga ke Denpasar, Bali.

"Saya kaget dan semua bangun keluar rumah. Ini sekarang enggak ada yang masuk rumah lagi. Takut kalau ada gempa susulan," kata Reni Hayu Pratiwi (41), salah satu warga perumahan Klatak saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/10).

Dia sendiri mengaku goyangan yang dirasakan cukup kencang bahkan hingga kaca rumahnya bergetar keras. "Masih terasa pusing," jelasnya. Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan di wilayah kabupaten Banyuwangi dan wilayah lain di sekitar pusat gempa. (Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Situbondo, Getaran Terasa dari Malang hingga Bali"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru