kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,22   12,92   1.59%
  • EMAS1.026.000 -2,84%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Google siap membenamkan dana investasi US$ 10 miliar ke India


Senin, 13 Juli 2020 / 16:58 WIB
Google siap membenamkan dana investasi US$ 10 miliar ke India
ILUSTRASI. A 3D printed Google logo in illustration taken April 12, 2020. REUTERS/Dado Ruvic

Sumber: Reuters | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -NEW DELHI. Google berencana membenamkan dana sebesar US$ 10 miliar ke India. Dana sebesar itu tak langsung dibenamkan sekaligus, tapi secara bertahap yakni lima tahun sampai tujuh tahun ke depan.  

Sundar Pichai, Chief Executive Officer (CEO) Google, Senin (13/7),  mengatakan: investasi sekitar US$ 10 miliar di India menandai komitmen besar Alphabet Google Inc terhadap pasar yang sedang tumbuh. "Ini adalah cerminan dari keyakinan kami terhadap masa depan India dan ekonomi digitalnya," kata Pichai, CEO Alphabet, di webcast dalam acara tahunan Google untuk India, seperti dikutip dari Reuters, Senin (13/7) 

Lebih detail, Pichai menyebut, investasi yang akan dilakukan Google antara lain berupa: investasi ekuitas, kemitraan, dan investasi operasional, infrastruktur, dan serta membangun ekosistem digital di Indonesia.

Targetnya: pertama, memungkinkan akses dan informasi yang terjangkau untuk setiap orang India dalam bahasa mereka yakni Bahasa Hindi, Tamil, Punjabi, atau lainnya
Kedua, membangun produk dan layanan baru yang sangat relevan dengan kebutuhan unik masyarakat India. Ketiga, memberdayakan bisnis warga Inddia saat mereka melanjutkan atau memulai transformasi digitalnya.

Keempat, memanfaatkan teknologi dan AI untuk kebaikan kegiatan sosial, antara lain di bidang-bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan pertanian

Menurut Pichai, India adalah pasar luar negeri utama bagi Google,  berbagai produk dan layanannya termasuk mesin pencarian Googla, YouTube, dan Android telah membuat terobosan dengan sebagian besar populasi online.

"Lebih dari 500 juta orang di India, negara terpadat kedua di dunia dengan 1,3 miliar orang, sedang online hari ini dan lebih dari 450 juta ponsel pintar sedang digunakan secara aktif di negara tersebut," ujar dia. 

Meski begitu, Pichai mengaku masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar  membuat internet terjangkau dan bermanfaat bagi satu miliar orang India, antara lain: meningkatkan input suara dan komputasi untuk semua bahasa India, hingga menginspirasi dan mendukung generasi pengusaha baru.

Selain Google, Facebook serta Amazon masuk India. Facebook bahkan sudah  melakukan investasi $ 5,7 miliar di Reliance Jio Platforms, operator telekomunikasi terkemuka di negara itu pada April tahun ini untuk mendigitalkan 60 juta ibu dan toko  di negara itu.

mengatakan pada hari Senin bahwa mereka berencana untuk menginvestasikan $ 10 miliar di India dalam lima hingga tujuh tahun ke depan karena raksasa pencarian itu ingin memperluas kehadirannya di pasar utama luar negeri.

Sundar Pichai, kepala eksekutif Google, hari ini meluncurkan Google untuk Dana Digitalisasi India melalui mana ia akan melakukan investasi di negara ini.

“Kami akan melakukan ini melalui campuran investasi ekuitas, kemitraan, dan investasi operasional, infrastruktur, dan ekosistem. Ini adalah cerminan kepercayaan kami terhadap masa depan India dan ekonomi digitalnya, ”katanya di acara tahunan perusahaan yang berfokus pada India.

Investasi akan fokus pada empat bidang penting untuk digitalisasi India:

Pertama, memungkinkan akses dan informasi yang terjangkau untuk setiap orang India dalam bahasa mereka sendiri, apakah itu bahasa Hindi, Tamil, Punjabi, atau lainnya
Kedua, membangun produk dan layanan baru yang sangat relevan dengan kebutuhan unik India
Ketiga, memberdayakan bisnis saat mereka melanjutkan atau memulai transformasi digital mereka
Keempat, memanfaatkan teknologi dan AI untuk kebaikan sosial, di bidang-bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan pertanian
India adalah pasar luar negeri utama bagi Google, di mana berbagai produk dan layanannya termasuk Pencarian, YouTube, dan Android telah membuat terobosan dengan sebagian besar populasi online.

Lebih dari 500 juta orang di India, negara terpadat kedua di dunia dengan 1,3 miliar orang, sedang online hari ini dan lebih dari 450 juta ponsel pintar sedang digunakan secara aktif di negara tersebut.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat internet terjangkau dan bermanfaat bagi satu miliar orang India ... mulai dari meningkatkan input suara dan komputasi untuk semua bahasa India, hingga menginspirasi dan mendukung generasi pengusaha baru,” kata Pichai.

Meskipun Google, seperti setiap raksasa teknologi Amerika lainnya, hanya menghasilkan sebagian kecil dari pendapatannya dari pasar internet terbesar di dunia. Tapi itu tampaknya tidak menjadi prioritas bagi raksasa teknologi Amerika di India yang saat ini sedang mencari ratusan juta pengguna mereka berikutnya di pasar berkembang.

Facebook, yang menyaingi Google dan Amazon di India, melakukan investasi $ 5,7 miliar di Reliance Jio Platforms, operator telekomunikasi terkemuka di negara itu pada April tahun ini untuk mendigitalkan 60 juta ibu dan toko pop di negara itu.

Reliance Jio Platforms, anak perusahaan Reliance Industries, telah mengumpulkan lebih dari $ 15,7 miliar sejak paruh kedua April dari 12 investor terkemuka.

Selama kunjungannya ke India awal tahun ini, Jeff Bezos juga mengatakan Amazon berencana untuk menginvestasikan $ 1 miliar tambahan di India, sehingga total komitmen perusahaan ini saat ini menjadi US$ 6,5 miliar.

Sanjay Gupta, Kepala Google di India, mengatakan komitmen baru sebesar US$ 10 miliar untuk membentuk masa depan banyak produk dan layanan digital di India ini. "Kami berkomitmen kembali untuk bermitra secara mendalam dan mendukung India untuk menjadi negara yang benar-benar digital," katanya.

 

Reliance Jio Platforms, anak perusahaan berusia empat tahun dari perusahaan yang paling bernilai di India, Reliance Industries, telah mengumpulkan lebih dari $ 15,7 miliar sejak paruh kedua April dari 12 investor terkemuka.

Selama kunjungannya ke India awal tahun ini, Jeff Bezos juga mengatakan Amazon berencana untuk menginvestasikan $ 1 miliar tambahan di India, sehingga total komitmen perusahaan saat ini menjadi $ 6,5 miliar.

Sanjay Gupta, Kepala Google di India, mengatakan komitmen baru $ 10 miliar perusahaan untuk India hari ini membentuk masa depan banyak produk dan layanannya di negara ini. "Kami berkomitmen kembali untuk bermitra secara mendalam dan mendukung India untuk menjadi negara yang benar-benar digital," katanya.


Tag

TERBARU

[X]
×