kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi China, AS kirim dua lusin jet tempur F-22 ke Pasifik


Rabu, 28 Juli 2021 / 09:08 WIB
Hadapi China, AS kirim dua lusin jet tempur F-22 ke Pasifik
ILUSTRASI. AS mengirim lebih dari dua lusin pesawat tempur siluman F-22 untuk menggelar latihan di Pasifik barat bulan ini.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Angkatan Udara Amerika Serikat mengirim lebih dari dua lusin pesawat tempur siluman F-22 untuk menggelar latihan di Pasifik barat bulan ini. Penyebaran besar jet tempur ini tampaknya untuk mengirim pesan yang kuat kepada China.

Melansir Wionews.com, Angkatan Udara AS mengatakan, dalam Operasi Pacific Iron 2021 bulan ini di pulau Guam dan Tinian, sekitar 25 F-22 Raptors dari Pengawal Nasional Udara Hawaii dan Pangkalan Gabungan Elmendorf-Richardson, Alaska, akan dikerahkan.

"Kami belum pernah memiliki Raptor sebanyak ini yang dikerahkan bersama di wilayah operasi Angkatan Udara Pasifik," jelas Komandan Pasukan Udara Pasifik Jenderal Ken Wilsbach.

Pesawat tempur paling canggih di dunia, F-22 adalah jet tempur generasi kelima.

Baca Juga: Perkuat hubungan untuk lawan China, Menteri Pertahanan AS ke Asia Tenggara

Sementara itu, pemerintah AS pada hari Jumat mengeluarkan nasihat bisnis di Hong Kong yang memperingatkan perusahaan tentang "risiko yang meningkat" yang "dapat berdampak buruk pada bisnis dan individu yang beroperasi di Hong Kong."

Pemerintahan Biden juga menjatuhkan sanksi terhadap tujuh pejabat China atas tindakan keras China terhadap gerakan pro-demokrasi di Hong Kong.

Namun, kementerian luar negeri China mengecam pemerintah AS yang menyatakan bahwa hal tersebut murni urusan dalam negeri China.

Baca Juga: China latihan pendaratan amfibi, sehari pasca pesawat militer AS mendarat di Taiwan

"Amerika Serikat harus mematuhi hukum internasional dan norma-norma dasar hubungan internasional, berhenti mencampuri urusan Hong Kong dan urusan dalam negeri China dengan cara apa pun," kata juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian.

"China akan menanggapi dengan tegas dan tegas langkah-langkah yang diambil oleh Amerika Serikat," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa situasi di Hong Kong telah "memburuk" sambil menambahkan bahwa pemerintah China belum memenuhi komitmennya terhadap Hong Kong.

Selanjutnya: Pesawat militer AS mendarat di Taiwan, China gelar latihan pendaratan amfibi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×