kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi Pembatasan AS, China Siapkan Paket US$ 143 Miliar untuk Perusahaan Chip


Rabu, 14 Desember 2022 / 05:50 WIB
Hadapi Pembatasan AS, China Siapkan Paket US$ 143 Miliar untuk Perusahaan Chip


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. China sedang mengerjakan paket dukungan lebih dari 1 triliun yuan (US$ 143 miliar) untuk industri semikonduktornya. Langkah ini dilakukan untuk mendukung swasembada chip dan untuk melawan langkah AS yang ingin memperlambat kemajuan teknologinya.

Mengutip Reuters, Rabu (14/12), sumber Reuters mengungkapkan bahwa Beijing berencana untuk meluncurkan paket insentif fiskal terbesarnya selama lima tahun. Terutama sebagai subsidi dan kredit pajak untuk meningkatkan produksi semikonduktor dan kegiatan penelitian di dalam negeri.

Ini menandakan, pendekatan yang lebih langsung oleh China dalam membentuk masa depan industri yang telah menjadi tombol panas geopolitik karena permintaan chip yang melonjak dan yang dianggap Beijing sebagai landasan kekuatan teknologinya.

Baca Juga: Kemenperin Jalin Kerjasama dengan Korsel dalam Pengembangan SDM Industri

Ini juga kemungkinan akan semakin meningkatkan kekhawatiran di Amerika Serikat dan sekutunya tentang persaingan China di industri semikonduktor, kata para analis. 

Beberapa anggota parlemen AS sudah khawatir tentang peningkatan kapasitas produksi chip China.

Rencana itu dapat dilaksanakan paling cepat kuartal pertama tahun depan, kata dua sumber yang menolak disebutkan namanya karena tidak berwenang berbicara kepada media.

Menurut sumber tersebut, sebagian besar bantuan keuangan akan digunakan untuk mensubsidi pembelian peralatan semikonduktor domestik oleh perusahaan China, terutama pabrik fabrikasi semikonduktor.

Perusahaan semacam itu akan berhak atas subsidi 20% dari biaya pembelian, kata ketiga sumber tersebut.

Rencana dukungan fiskal datang setelah Departemen Perdagangan AS pada bulan Oktober mengesahkan serangkaian peraturan, yang dapat melarang laboratorium penelitian dan akses pusat data komersial ke chip AI canggih, di antara pembatasan lainnya.

Amerika Serikat juga telah melobi beberapa mitranya, termasuk Jepang dan Belanda, untuk memperketat ekspor peralatan yang digunakan untuk membuat semikonduktor ke China.

Dan Presiden AS Joe Biden pada bulan Agustus menandatangani undang-undang penting untuk memberikan US$ 52,7 miliar dalam bentuk hibah untuk produksi dan penelitian semikonduktor AS serta kredit pajak untuk pabrik chip yang diperkirakan bernilai US$ 24 miliar.

Dengan paket insentif, Beijing bertujuan untuk meningkatkan dukungan bagi perusahaan chip China untuk membangun, memperluas atau memodernisasi fasilitas domestik untuk fabrikasi, perakitan, pengemasan, serta penelitian dan pengembangan, kata sumber tersebut.

Rencana terbaru Beijing juga mencakup kebijakan pajak preferensial untuk industri semikonduktor negara itu, kata mereka.

Kantor Informasi Dewan Negara China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Penerima Manfaat

Penerima manfaat insentif ini adalah perusahaan milik negara dan swasta di industri ini, terutama perusahaan peralatan semikonduktor besar seperti NAURA Technology Group, Advanced Micro-Fabrication Equipment Inc China dan Kingsemi, tambah sumber tersebut.

Beberapa saham chip China di Hong Kong naik tajam setelah berita paket tersebut. Saham Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) naik lebih dari 8%, mengirimkan kenaikan hariannya menjadi hampir 10%. Hua Hong Semiconductor Ltd ditutup naik 17%. Pasar daratan ditutup ketika laporan itu diterbitkan.

Mencapai kemandirian dalam teknologi ditampilkan secara menonjol dalam laporan kerja lengkap Presiden Xi Jinping di Kongres Partai Komunis pada bulan Oktober. Istilah 'teknologi' disebut sebanyak 40 kali, naik dari 17 kali dalam laporan kongres 2017.

Baca Juga: Wall Street Turun Tajam Jelang Akhir Pekan Saat Data Tenaga Kerja AS Membaik

Seruan Xi agar China "memenangkan pertempuran" dalam teknologi inti dapat menandakan perombakan dalam pendekatan Beijing untuk memajukan industri teknologinya, dengan lebih banyak pengeluaran dan intervensi yang dipimpin negara untuk melawan tekanan A.S., kata para analis.

Sanksi AS yang diterbitkan pada bulan Oktober telah menyebabkan perusahaan peralatan manufaktur chip besar yang berbasis di luar negeri berhenti memasok pembuat chip utama China, termasuk Yangtze memory Technologies Co (YMTC) dan SMIC, dan pembuat chip kecerdasan buatan canggih berhenti memasok perusahaan dan laboratorium.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu telah meluncurkan perselisihan perdagangan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) melawan Amerika Serikat atas langkah-langkah kontrol ekspor chipnya, kata kementerian perdagangan China, Senin.

China telah lama tertinggal dari negara lain di dunia dalam sektor peralatan manufaktur chip, yang tetap didominasi oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat, Jepang, dan Belanda.

Sejumlah perusahaan domestik telah muncul dalam 20 tahun terakhir, tetapi sebagian besar masih tertinggal dari pesaing mereka dalam hal kemampuan memproduksi chip canggih.

Peralatan etsa dan proses termal NAURA, misalnya, hanya dapat menghasilkan chip berukuran 28 nanometer ke atas, teknologi yang relatif matang.

Shanghai Micro Electronics Equipment Group Co Ltd (SMEE), satu-satunya perusahaan litografi China, dapat memproduksi chip berukuran 90 nanometer, jauh di belakang ASML Belanda, yang memproduksi chip serendah 3 nanometer. ($1 = 6,9796 yuan renminbi Tiongkok)




TERBARU

[X]
×