kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook Tire fokus jalin kerja sama dengan produsen kendaraan listrik


Jumat, 07 Mei 2021 / 15:47 WIB
Hankook Tire fokus jalin kerja sama dengan produsen kendaraan listrik
ILUSTRASI. ban Hankook Tire ; ban mobil balap


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire menorehkan kinerja bisnis yang menggembirakan di awal tahun ini. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, Hankook Tire tercatat membukukan peningkatan penjualan mencapai 12,6% secara tahunan atau yoy menjadi 1,61 triliun won dari perolehan di periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1,43 triliun won. 

Seiring dengan melonjaknya penjualan, laba operasional Hankook Tire pun ikut meroket. Pada Kuartal I 2021, Hankok Tire berhasil menorehkan laba operasional sebesar 186 miliar won. Angka tersebut naik signifikan 75,5% dibanding realisasi di tahun sebelumnya yang sebesar 106 miliar won. 

Seiring dengan pemulihan pasar global dari dampak COVID-19, Hankook Tire juga turut mengalami pemulihan yang stabil pada pertengahan kedua tahun lalu. Manajemen menyebut, penjualan mulai stabil di beberapa pasar besar seperti Eropa, Amerika Utara, dan Cina, khususnya bagi penjualan ban high-inch yang merupakan ban 18 inch atau lebih. 

"Penjualan global untuk ban high-inch mencapai 38% dari keseluruhan penjualan ban Hankook, yang mana naik 4%p dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ungkap Manajemen Hankook Tire dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (7/5). 

Baca Juga: Produsen Ban Ancang-ancang Mengembangkan Ban Khusus Untuk Mobil Listrik

Penjualan ban pengganti (replacement tire) juga mengalami kenaikan karena permintaan pasar Amerika dan Eropa semakin membaik. Begitu pula dengan Cina yang menunjukkan kenaikan permintaan atas ban pengganti serta kondisi penjualan yang sehat untuk ban orisinal (original equipment). Kondisi tersebut diklaim menandakan adanya perbaikan di produksi kendaraan otomotif. 

"Penjualan ban high-inch di Cina juga meningkat 13%p hingga 40%," sambungnya. 

Meski sempat mengalami perlambatan di tahun lalu, Hankook Tire senantiasa menjaga komitmennya untuk memperkuat reputasi sebagai merek premium. Disebutkan dalam keterangan resminya, Manajemen akan terus mengupayakan kerja sama dengan produsen mobil global dalam rangka memperluas sektor OE.

Seperti misalnya, Hankok Tire baru saja menjadi mitra OE untuk Porsche 718 Booster dan Porsche Cayman, dengan Ventus S1 Evo3. Selain itu Hankook juga terus menambah kerjasama OE untuk kendaraan listrik, dengan menjadi ban bawaan pada mobil sport elektrik berperforma tinggi pertama milik Porsche, yaitu seri Taycan, dan juga NIO ES6 dan EC6, model unggulan  yang dibuat oleh brand kendaraan listrik milik Cina.

Di tahun ini, Hankook Tire akan berfokus untuk menjaga pertumbuhan pada penjualan ban high-inch di pasar utama serta meningkatkan kerja sama OE dengan memanfaatkan portofolio yang sudah terbangun. Di mana, pertumbuhan sektor pada ban kendaraan listrik juga akan menjadi salah satu fokus utama Hankook Tire di tahun 2021.

"Perusahaan akan menargetkan keunggulan di inovasi ban EV bersamaan dengan perkembangan teknologi dan solusi yang dapat mengubah imajinasi pelanggan menjadi nyata. Dalam perkembangannya, Hankook akan selalu bergerak lebih gesit untuk menjadi yang unggul dalam teknologi dan memberikan pengaruh positif di komunitas dan lingkungan para pengusaha brand premium," pungkasnya. 

Selanjutnya: Bidik target pangsa pasar double digit, berikut strategi Hankook Tire tahun ini




TERBARU

[X]
×