Harga Emas Bisa Berlipat Ganda Jika Rusia Terima Emas Sebagai Alat Pembayaran Minyak

Jumat, 09 Desember 2022 | 10:37 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Harga Emas Bisa Berlipat Ganda Jika Rusia Terima Emas Sebagai Alat Pembayaran Minyak

ILUSTRASI. Jika Rusia Terima Emas Sebagai alat Pembayaran Minyak, Harga Emas Diprediksi Berlipat Ganda


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pembatasan harga minyak Rusia yang disponsori G7 bisa mendorong Rusia menerima emas sebagai alat pembayaran minyak. Jika hal itu terjadi, maka harga emas diprediksi berlipat gandi hingga mencapai US$ 3.600 per ons.

Zoltan Pozsar dari Credit Suisse mengatakan bahwa krisis likuiditas pasar uang akhir tahun tidak mungkin terjadi kecuali Rusia memutuskan untuk menerima emas untuk pembelian minyak sebagai respons atas sanksi negara-negara barat.

"Gila? Ya. Tidak mungkin? Tidak. Ini adalah tahun skenario makro yang tidak terpikirkan dan kembalinya tata negara sebagai kekuatan dominan yang mendorong keputusan moneter & fiskal," tulis Pozsar dalam catatan berjudul 'Oil, Gold, and LCLo(SP)R. seperti dikutip dari Kitco.com, Jumat (9/12).

Dalam skenario ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menanggapi batas harga minyak US$ 60 per barel yang baru diperkenalkan dengan meminta satu gram emas untuk dua barel minyak mentah.

Baca Juga: Harga Emas 1 Gram 24 Karat Hari Ini Naik Lagi, Tekor Sepekan 10,26%

Pada harga pasar saat ini, batas US$ 60 per barel untuk minyak Rusia sama dengan harga satu gram emas, kata Pozsar. 

Apa yang pada dasarnya terjadi di sini adalah AS mematok ekspor Rusia dengan harga ini, dan Rusia, sebagai gantinya, mematoknya dengan satu gram emas. Dan ini akan terjadi pada saat AS berupaya mengisi cadangan strategisnya dengan minyak bumi murah.

Dalam contoh ini, "dolar AS secara efektif 'dinilai kembali' versus minyak Rusia," kata Pozsar. 

“Tetapi jika Barat mencari penawaran, Rusia dapat memberikan satu yang tidak dapat ditolak oleh Barat: 'satu gram untuk lebih.' Jika Rusia membalas penetapan harga US$ 60 dengan menawarkan dua barel minyak di patokan untuk satu gram emas, harga emas berlipat ganda," jelas Pozsar.

Beginilah cara emas bisa mencapai US$3.600 per ons dari level saat ini di US$ 1.794 per ons.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp 4.000 ke Rp 1.003.000 Per Gram, Jumat (9/12)

Rusia tidak akan menghasilkan lebih banyak minyak, tetapi akan memastikan bahwa ada permintaan yang cukup sehingga produksi tidak ditutup. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru