kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Menguat ke US$ 2.310, Disokong Penurunan Suku Bunga The Fed


Senin, 06 Mei 2024 / 10:16 WIB
Harga Emas Spot Menguat ke US$ 2.310, Disokong Penurunan Suku Bunga The Fed
ILUSTRASI. harga emas spot naik 0,4% ke US$ 2.310,89 per ons troi di awal pekan ini


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas menguat pada awal pekan ini karena ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mulai melakukan pemangkasan suku bunga pada akhir tahun ini. Di sisi lain, ketegangan di Timur Tengah meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Senin (6/5) pukul 10.00 WIB, harga emas spot naik 0,4% ke US$ 2.310,89 per ons troi. Sejalan, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Juli 2024 naik 0,6% menjadi US$ 2.322,30 per ons troi.

Prospek gencatan senjata di Gaza tampak tipis pada hari Minggu (5/5) ketika Hamas menegaskan kembali tuntutannya untuk mengakhiri perang dengan imbalan pembebasan sandera, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan tegas mengesampingkan hal itu.

Emas akan "tetap sensitif terhadap perkembangan geopolitik, dengan kegagalan apa pun dalam perjanjian gencatan senjata berpotensi menyebabkan pergerakan harga yang lebih tinggi," kata ahli strategi pasar IG Yeap Jun Rong.

Baca Juga: Harga Emas Turun 2 Pekan Beruntun, Ditutup US$ 2.301 Per Ons Troi Pekan Ini

Selain itu, “data AS yang lebih lemah menawarkan lebih banyak fleksibilitas kebijakan bagi The Fed dalam hal penurunan suku bunga,” sehingga membantu emas batangan, tambahnya.

Data pada hari Jumat (3/5) menunjukkan bahwa pertumbuhan lapangan kerja AS melambat lebih dari perkiraan pada bulan April, memperkuat ekspektasi bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya pada akhir tahun ini.

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan PMI non-manufaktur turun menjadi 49,4 dari 51,4 pada bulan Maret.

Pasar memperkirakan peluang 67% penurunan suku bunga AS pada bulan September 2024. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan.

Presiden Bank Sentral AS John Williams mengatakan pada hari Jumat bahwa target inflasi sebesar 2% adalah "penting" bagi upaya The Fed untuk mencapai stabilitas harga, sementara Austan Goolsbee, presiden Fed Chicago, mencatat bahwa "dot plot" jalur suku bunga AS memerlukan lebih banyak lagi konteks.

Penjualan produk emas Perth Mint pada bulan April melonjak dua kali lipat, sementara penjualan perak turun ke level terendah sejak Desember, kata pihak pengilangan.




TERBARU

[X]
×