kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Terkoreksi, Pedagang Lakukan Aksi Ambil Untung


Sabtu, 04 Mei 2024 / 07:16 WIB
Harga Emas Terkoreksi, Pedagang Lakukan Aksi Ambil Untung
ILUSTRASI. Harga emas jatuh ke level terendah satu bulan pada hari Jumat meskipun data pekerjaan AS lebih lemah dari perkiraan.REUTERS/Michael Dalder


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas jatuh ke level terendah satu bulan pada hari Jumat meskipun data pekerjaan AS lebih lemah dari perkiraan, memperpanjang koreksi dari reli bulan lalu karena investor membukukan keuntungan sementara risiko geopolitik mereda.

Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi US$ 2,300.38 per ounce pada 13:45. ET (17.45 GMT), dan mencatat penurunan mingguan kedua berturut-turut.

Emas berjangka AS ditutup turun pada US$ 2,308.6 per ons troi.

Harga dengan cepat melepaskan kenaikannya setelah melonjak setinggi US$ 2,320.78 segera setelah rilis data nonfarm payrolls AS meningkat sebesar 175.000 pekerjaan pada bulan lalu, lebih rendah dari perkiraan ekonom sebesar 243.000.

Baca Juga: Harga Emas Spot Jatuh ke Level Terendah Satu Bulan pada Jumat (3/5)

“Lonjakan awal harga emas berdasarkan laporan ketenagakerjaan Goldilocks menarik cukup banyak aksi ambil untung, yang menunjukkan pembeli semakin berhati-hati setelah reli yang luar biasa di bulan April dan respons yang biasa-biasa saja setelah komentar ramah Powell pada hari Rabu,” kata Tai Wong, pedagang logam dan analis independen berbasis di New York.

Meskipun data ketenagakerjaan memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga tahun ini, yang seharusnya mendukung emas batangan, hal ini mendorong investor untuk beralih ke aset-aset yang lebih berisiko.

"Sentimen ini berisiko, yang berarti permintaan emas lebih rendah," kata Chris Gaffney, presiden pasar dunia di EverBank.

Emas juga tampaknya mengabaikan penurunan imbal hasil Treasury AS.

Logam safe-haven telah turun 5,7%, atau sekitar US$ 140, sejak mencapai rekor tertinggi US$ 2,431.29 pada bulan April, didorong oleh gejolak di Timur Tengah dan pembelian bank sentral yang kuat.

Baca Juga: Harga Emas Naik Pada Jumat (3/5) Pagi, Analis Ingatkan Peluang Koreksi

“Ada kekhawatiran bahwa emas akan turun lebih jauh jika aksi beli di Asia tidak muncul kembali. Emas bisa turun hingga US$ 2.150 tanpa menimbulkan kerusakan nyata pada grafik jangka panjang,” tambah Wong.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×