kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,66   0,11   0.01%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Melemah di Akhir Pekan, Brent ke US$ 85,3 dan WTI ke US$ 81


Sabtu, 16 Maret 2024 / 06:06 WIB
Harga Minyak Ditutup Melemah di Akhir Pekan, Brent ke US$ 85,3 dan WTI ke US$ 81
ILUSTRASI. harga minyak acuan ditutup melemah di akhir pekan ini


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Harga minyak turun di akhir pekan, setelah sehari sebelumnya capai level US$ 85 per barel untuk pertama kalinya sejak November 2023. Walau begitu, harga minyak acuan masih menguat 4% di pekan ini. 

Jumat (15/3), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Mei 2024 ditutup melemah 0,09% menjadi US$ 85,34 per barel. Sejalan, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman April 2024 ditutup 22 sen atau 0,27% menjadi US$ 81,04 per barel.

Dengan posisi ini, Brent menguat 4% dan WTI naik 3,88% dalam pekan ini.  

Sentimen bagi harga minyak datang setelah adanya potensi meningkatnya permintaan dari pabrik penyulingan Amerika Serikat (AS) yang menyelesaikan rencana produksinya

"Pasokan semakin ketat" untuk bahan bakar motor, kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group. "Harga berisiko naik lebih tinggi."

Baca Juga: Harga Minyak Mentah akan Mengakhiri Minggu Ini dengan Kenaikan Lebih dari 3%

Namun “ada kekhawatiran Federal Reserve AS tidak akan mampu memangkas suku bunganya” karena inflasi masih di atas target bank sentral sebesar 2%, Flynn menambahkan.

Pemotongan suku bunga dipandang sebagai peluang untuk pertumbuhan permintaan di AS.

Harga telah terikat pada kisaran US$ 80 hingga US$ 84 per barel selama sebulan terakhir. Kemudian International Energy Agency (IEA) pada hari Kamis mengangkat pandangannya mengenai permintaan minyak pada tahun 2024 untuk keempat kalinya sejak November karena serangan Houthi telah mengganggu pengiriman Laut Merah.

Permintaan minyak dunia akan meningkat sebesar 1,3 juta barel per hari pada tahun 2024, kata IEA dalam laporan terbarunya. Proyeksi ini naik 110.000 barel per hari dari bulan lalu. 

IEA memperkirakan akan terjadi sedikit defisit pasokan tahun ini jika anggota OPEC+ mempertahankan pengurangan produksi mereka setelah sebelumnya memperkirakan akan terjadi surplus.

Perusahaan-perusahaan energi AS di minggu ini menambah jumlah rig minyak dan gas alam dalam jumlah terbesar dalam seminggu sejak September, dengan jumlah rig minyak juga meningkat ke level tertinggi dalam enam bulan, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes dalam laporannya yang diikuti dengan cermat tentang Jumat.

Jumlah rig minyak dan gas, yang merupakan indikator awal produksi di masa depan, naik tujuh rig menjadi 629 rig dalam pekan yang berakhir 15 Maret. 

Baker Hughes mengatakan, rig minyak naik enam rig menjadi 510 pada minggu ini, tertinggi sejak September, sementara rig gas bertambah satu menjadi 116 rig. 

Kenaikan minggu ini terjadi meskipun dolar AS menguat pada laju tercepatnya dalam delapan minggu. Dolar AS yang lebih kuat membuat minyak mentah lebih mahal bagi pengguna mata uang lainnya.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Melemah di Akhir Pekan, Terseret Saham Terkait Sektor Teknologi

Yang juga mendukung harga minyak adalah serangan Ukraina terhadap kilang minyak Rusia, yang menyebabkan kebakaran di kilang terbesar Rosneft dalam salah satu serangan paling serius terhadap sektor energi Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami terus melangkah maju,” kata John Kilduff, mitra Again Capital LLC, tentang kegiatan hari Jumat.

Stok minyak mentah AS juga turun secara tak terduga pada minggu lalu karena kilang meningkatkan pemrosesan sementara persediaan bensin merosot karena permintaan meningkat, Energy Information Administration (EIA) mengatakan pada hari Rabu.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya pinjaman konsumen, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan permintaan minyak.

Di AS, beberapa tanda perlambatan aktivitas ekonomi dipandang tidak akan mendorong Federal Reserve untuk mulai memotong suku bunganya sebelum bulan Juni karena data lain pada hari Kamis menunjukkan kenaikan harga produsen yang lebih besar dari perkiraan pada bulan lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×