kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Melonjak 4%, Harga Bensin AS Capai Rekor Tertinggi


Sabtu, 14 Mei 2022 / 06:03 WIB
Harga Minyak Ditutup Melonjak 4%, Harga Bensin AS Capai Rekor Tertinggi
ILUSTRASI. Harga minyak kembali memanas


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak melonjak sekitar 4% pada hari Jumat karena harga bensin Amerika Serikat (AS) melonjak ke rekor tertinggi. Di saat yang sama, China tampak siap untuk melonggarkan pembatasan pandemi tapi investor tetap khawatir pasokan akan mengetat jika Uni Eropa melarang minyak Rusia.

Jumat (13/5), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Juli 2022 ditutup melonjak naik US$ 4,10 atau 3,8% ke US$ 111,55 per barel.

Setali tiga uang, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juni 2022 juga ditutup naik US$ 4,36 atau 4,1% menjadi US$ 110,49 per barel.

Itu adalah penutupan tertinggi untuk WTI sejak 25 Maret dan kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. Sedangkan bagi Brent, ini jadi pelemahan untuk pertama kalinya dalam tiga minggu.

Sokongan bagi harga minyak datang setelah bensin berjangka AS melonjak ke level tertinggi sepanjang masa setelah stok turun minggu lalu, dan jadi penurunan dalam enam minggu berturut-turut.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Siang Ini, Brent ke US$109,13 dan WTI ke US$107,53

Itu mendorong penyebaran retakan RBc1-CLc1 bensin - ukuran margin keuntungan yang disempurnakan - ke level tertinggi, sejak mencapai rekor pada April 2020 ketika WTI berada di wilayah negatif.

"Belum ada peningkatan penyimpanan bensin (AS) sejak Maret," kata Robert Yawger, Executive Director of Energy Futures di Mizuho. Dia ​​mencatat, permintaan bensin siap melonjak ketika musim mengemudi musim panas dimulai pada liburan akhir pekan Memorial Day AS.

Ukuran lain dari margin pemurnian bensin AS yang mencakup bensin dan solar, naik ke rekor, menurut data Refinitiv sejak Mei 2021.

Klub kendaraan AAA mengatakan, harga minyak AS di SPBU naik ke rekor tertinggi pada hari Jumat sebesar US$ 4,43 per galon untuk bensin dan US$ 5,56 untuk diesel.

Harga minyak telah bergejolak, didukung oleh kekhawatiran kemungkinan larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dapat memperketat pasokan tetapi ditekan oleh kekhawatiran bahwa pandemi COVID-19 yang bangkit kembali dapat memangkas permintaan global.

"Embargo UE, jika diberlakukan sepenuhnya, dapat membuat sekitar 3 juta barel per hari (barel per hari) minyak Rusia offline, yang akan benar-benar mengganggu, dan pada akhirnya menggeser arus perdagangan global, memicu kepanikan pasar dan volatilitas harga yang ekstrem," kata analis Rystad Energy Louise Dickson.

Minggu ini, Moskow menjatuhkan sanksi pada beberapa perusahaan energi Eropa, menyebabkan kekhawatiran tentang pasokan.

Di China, pihak berwenang berjanji untuk mendukung ekonomi dan pejabat kota mengatakan Shanghai akan mulai melonggarkan pembatasan lalu lintas virus corona dan membuka toko bulan ini.

"Harga minyak mentah reli di tengah optimisme bahwa situasi COVID China tidak memburuk dan karena aset berisiko rebound," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Saham global naik setelah minggu perdagangan yang bergejolak, mendorong indeks saham di Amerika Serikat dan Eropa.

Baca Juga: Wall Street Reli, Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Menguat

Menekan harga minyak selama seminggu, inflasi dan kenaikan suku bunga mendorong dolar AS ke level tertinggi hampir 20 tahun terhadap sekeranjang mata uang, membuat minyak lebih mahal saat dibeli dalam mata uang lain.

Uni Eropa mengatakan ada kemajuan yang cukup untuk meluncurkan kembali negosiasi nuklir dengan Iran. AS mengatakan menghargai upaya UE tetapi mengatakan belum ada kesepakatan dan tidak ada kepastian bahwa itu mungkin tercapai.

Analis mengatakan kesepakatan dengan Iran dapat menambah 1 juta barel per hari pasokan minyak ke pasar.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×