kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Melonjak 4%, OPEC+ Berniat Pangkas Produksi Terbesar Sejak 2020


Selasa, 04 Oktober 2022 / 05:43 WIB
Harga Minyak Ditutup Melonjak 4%, OPEC+ Berniat Pangkas Produksi Terbesar Sejak 2020
ILUSTRASI. Harga minyak mentah kembali memanas setelah ditutup melonjak lebih dari 4% di awal bulan Oktober 2022


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Harga minyak melonjak hampir US$ 4 per barel di awal pekan ini. Sentimen datang dari OPEC+ yang mempertimbangkan untuk mengurangi produksi lebih dari 1 juta barel per hari (bph) untuk menopang harga. Ini bakal jadi pemotongan terbesar sejak dimulainya pandemi COVID- 19.

Senin (3/10), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Desember 2022 ditutup melonjak US$ 3,72 atau 4,4% menjadi US$ 88,86 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Desember 2022 juga ditutup melesat US$ 4,14 atau 5,2% ke US$ 83,63 per barel.

Harga minyak telah turun selama empat bulan berturut-turut sejak Juni, karena penguncian COVID-19 di konsumen energi utama China yang merusak permintaan. Sementara kenaikan suku bunga dan dolar AS yang melonjak membebani pasar keuangan global.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal secara kolektif sebagai OPEC+, sedang mempertimbangkan pengurangan produksi lebih dari 1 juta barel per hari menjelang pertemuan hari Rabu (5/10), sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Naik 3% Pagi Ini, OPEC+ Pertimbangkan Pemangkasan Produksi

Angka itu tidak termasuk pemotongan sukarela tambahan oleh anggota individu, satu sumber OPEC menambahkan.

Sebagian besar pedagang mengharapkan pemotongan sekitar 50.000 barel per hari, kata Dennis Kissler, Senior Vice President of Trading di BOK Financial.

Jika disetujui, itu akan menjadi pemotongan bulanan kedua berturut-turut setelah mengurangi produksi sebesar 100.000 bph bulan lalu.

"Setelah 1 tahun menoleransi harga yang sangat tinggi, target yang meleset, dan pasar yang sangat ketat, aliansi (OPEC+) tampaknya tidak ragu-ragu untuk bertindak cepat guna mendukung harga di tengah memburuknya prospek ekonomi," kata analis pasar Oanda, Craig Erlam. .

Produksi OPEC+ meleset dari target untuk hampir 3 juta barel per hari pada Juli, dua sumber dari kelompok produsen mengatakan, karena sanksi terhadap beberapa anggota dan investasi yang rendah oleh yang lain menghalangi kemampuannya untuk meningkatkan produksi.

Stok minyak mentah AS diperkirakan telah meningkat sekitar 2 juta minggu lalu, dalam jajak pendapat awal Reuters menunjukkan pada hari Senin. Persediaan di pusat penyimpanan Cushing, Oklahoma, dibangun oleh 730.297 barel menjadi 29,6 juta barel, menurut sumber pasar, mengutip data Genscape.

Sementara harga Brent yang cepat dapat menguat dalam jangka pendek, kekhawatiran tentang resesi global kemungkinan akan membatasi sisi atas, kata konsultan FGE.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Melonjak Lebih dari 2% di Awal Kuartal IV-2022

"Jika OPEC+ memutuskan untuk memangkas produksi dalam waktu dekat, peningkatan yang dihasilkan dalam kapasitas cadangan OPEC+ kemungkinan akan memberikan lebih banyak tekanan ke bawah pada harga lama," katanya dalam sebuah catatan pada hari Jumat.

Indeks dolar AS jatuh untuk hari keempat berturut-turut pada hari Senin setelah menyentuh level tertinggi dalam dua dekade. Dolar ASyang lebih murah dapat meningkatkan permintaan minyak dan mendukung harga.

Goldman Sachs mengatakan pihaknya yakin pemotongan pasokan OPEC+ dapat membantu memperbaiki eksodus besar investor minyak yang telah membuat harga di bawah kinerja fundamental.




TERBARU

[X]
×