kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Melonjak 5%, WTI Loncat ke US$ 105,71 Per Barel


Kamis, 12 Mei 2022 / 06:07 WIB
Harga Minyak Ditutup Melonjak 5%, WTI Loncat ke US$ 105,71 Per Barel
ILUSTRASI. Harga minyak mentah melonjak 5% setelah tergelincir hampir 10% dalam dua sesi sebelumnya


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak mentah ditutup melonjak naik lebih dari 5% setelah aliran gas Rusia ke Eropa turun dan Rusia memberikan sanksi kepada beberapa perusahaan gas Eropa, yang menambah ketidakpastian di pasar energi dunia.

Rabu (11/5), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Juli 2022 ditutup naik US$ 5,05 atau 4,9% menjadi US$ 107,51 per barel.

Setali tiga uang, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juni 2022 ditutup melonjak US$ 5,95 per barel atau 6% ke US$ 105,71 per barel.

Harga minyak dan gas telah melonjak sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari dan Amerika Serikat (AS) serta sekutunya menjatuhkan sanksi berat terhadap Rusia.

Salah satu sanksi yang diberikan adalah perdagangan minyak mentah Rusia yang telah dibatasi. Alhasil, Rusia pun mengancam akan memotong pasokan gas ke Eropa, meskipun langkah itu telah dihentikan.

Aliran gas Rusia ke Eropa melalui Ukraina turun seperempat setelah Kyiv menghentikan penggunaan rute transit utama, menyalahkan campur tangan pasukan pendudukan Rusia. Ini adalah pertama kalinya ekspor melalui Ukraina terganggu sejak invasi.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Dibayangi Embargo Eropa, Brent ke US$105,32 dan WTI ke US$102,29

Langkah itu menimbulkan kekhawatiran bahwa gangguan serupa dapat terjadi bahkan ketika harga sudah melonjak. Kemarin, Rusia memberikan sanksi kepada 31 perusahaan yang berbasis di negara-negara yang memberlakukan sanksi terhadap Moskow setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari.

Di sisi lain, rencana Uni Eropa melakukan embargo penuh minyak Rusia masih masuk tahap negosiasi walau cenderung memudar. Karena peran Rusia sebagai pengekspor minyak mentah dan bahan bakar terbesar, gangguan - yang diperkirakan akan memburuk - telah menyebabkan pasar mengetat di seluruh dunia, terutama untuk produk olahan seperti diesel.

"Harga akan terus bergerak naik terutama jika Uni Eropa mencapai kesepakatan untuk menghentikan pembelian minyak Rusia di atas saldo tahun ini," kata Andrew Lipow, Presiden Lipow Oil Associates di Houston.

Uni Eropa masih menawar embargo minyak Rusia, yang menurut para analis akan semakin memperketat pasar dan mengalihkan arus perdagangan. Pemungutan suara membutuhkan dukungan dengan suara bulat, tetapi telah ditunda karena Hongaria telah berusaha keras berada di dalam oposisi.

Angka terbaru pada inventaris AS menggarisbawahi dinamika yang mendorong harga lebih tinggi. Meskipun stok minyak mentah AS tumbuh lebih dari 8 juta barel, sebagian besar karena pelepasan cadangan strategis lainnya, stok bensin turun 3,6 juta barel dan stok sulingan juga turun.

Baca Juga: Wall Street Merana, Nasdaq Anjlok Lebih dari 3%

Kapasitas penyulingan telah berkurang di Amerika Serikat dan negara tersebut telah menggenjot ekspor untuk memenuhi permintaan dari pembeli di luar negeri. Sejauh ini pada tahun 2022, Amerika Serikat mengekspor, secara bersih, sekitar 4 juta barel bahan bakar setiap hari.

"Angka tingkat pemanfaatan 90% tidak seperti dulu karena kapasitas keseluruhan turun," kata Tony Headrick, analis pasar energi di CHS Hedging. "Kami melihat penyulingan tidak mampu memenuhi permintaan bensin."

Harga minyak mentah telah melonjak pada 2022 karena invasi Rusia ke Ukraina menambah kekhawatiran pasokan, dengan Brent mencapai $139, tertinggi sejak 2008, pada Maret. Kekhawatiran tentang pertumbuhan yang disebabkan oleh pembatasan COVID China dan kenaikan suku bunga AS telah mendorong kemerosotan minggu ini.




TERBARU

[X]
×