kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Menguat di Awal Pekan, Ini Sentimen yang Menopangnya


Selasa, 26 Maret 2024 / 05:27 WIB
Harga Minyak Ditutup Menguat di Awal Pekan, Ini Sentimen yang Menopangnya
ILUSTRASI. harga minyak mentah acuan kompak menguat di awal pekan ini


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Harga minyak ditutup menguat di awal pekan karena perintah dari pemerintah Rusia untuk membatasi produksi minyak, dan serangan terhadap infrastruktur energi di Rusia dan Ukraina mengimbangi permintaan PBB untuk gencatan senjata di Gaza.

Senin (25/3), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Mei 2024 ditutup naik US$ 1,32 atau 1,55% ke US$ 86,75 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Mei 2024 ditutup naik US$ 1,32 atau 1,64% ke US$ 81,95 per barel.

Kedua harga minyak acuan tersebut terus meningkat di tahun ini, dengan Brent naik hampir 11% dan WTI menguat sekitar 12,5% pada penutupan hari Jumat, di tengah ekspektasi bahwa suku bunga di negara-negara besar akan turun pada musim panas, dan ketegangan geopolitik di Eropa Timur dan Timur Tengah.

Sentimen lain juga datang setelah Moskow memerintahkan perusahaan-perusahaan untuk mengurangi produksi minyak pada kuartal kedua untuk memenuhi target produksi sebesar 9 juta barel per hari (bph) pada akhir Juni. Ini sejalan dengan janjinya kepada kelompok produsen OPEC+, kata tiga sumber industri pada hari Senin.

Baca Juga: Harga Batubara dan Minyak Dunia Mulai Naik di Awal Pekan

"Rusia berkomitmen terhadap pengurangan produksi OPEC+. Mereka tidak hanya melihat fundamental pasokan dan permintaan saat ini, namun juga melihat kesatuan dengan OPEC+, serta risiko guncangan harga yang lebih besar di kemudian hari," kata Phil Flynn, analis Price Futures.

Di sisi lain, serangan terhadap fasilitas energi Rusia dan infrastruktur energi Ukraina telah memicu kekhawatiran pasokan, kata Hiroyuki Kikukawa, presiden NS Trading, salah satu unit Nissan Securities.

Kilang minyak Rusia lainnya kehilangan setengah kapasitasnya akibat serangan pesawat tak berawak pada akhir pekan, kata sumber kepada Reuters.

Itu adalah korban terbaru dari serangkaian serangan di Ukraina pada bulan ini yang telah menutup 7% dari total kapasitas penyulingan, berdasarkan perhitungan Reuters, selain pemeliharaan yang tidak terkait.

Rusia menyerang fasilitas pembangkit dan transmisi Ukraina di minggu lalu dan akhir pekan lalu, menyebabkan pemadaman listrik di banyak wilayah.

Di tempat lain, Dewan Keamanan PBB pada hari Senin mengadopsi resolusi yang menuntut gencatan senjata segera antara Israel dan militan Palestina Hamas dan pembebasan semua sandera setelah Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara tersebut.

“Kita harus melihat bagaimana resolusi PBB mengenai gencatan senjata benar-benar diterapkan di Gaza, dan apakah resolusi tersebut pada akhirnya akan membuat Houthi menghentikan serangan mereka terhadap lalu lintas tanker di Laut Merah,” Andrew Lipow, presiden Lipow Oil kata rekanan.

Baca Juga: Harga Batubara & Minyak Dunia Turun dalam Sepekan, Cermati Sentimen dan Prospeknya

Pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman telah meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal yang melintasi Laut Merah untuk mendukung warga Palestina di Gaza.

Gencatan senjata dapat membantu meringankan kemacetan pasokan jika Houthi menghentikan serangan mereka dengan mengizinkan kapal-kapal menggunakan Terusan Suez daripada melakukan pengalihan yang lebih lama dan lebih mahal di sekitar tanduk Afrika.




TERBARU

[X]
×