kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak masih tertekan, 5 perusahaan minyak top dunia pangkas produksi


Minggu, 09 Agustus 2020 / 13:22 WIB
Harga minyak masih tertekan, 5 perusahaan minyak top dunia pangkas produksi
ILUSTRASI. Harga minyak dunia. REUTERS/Angus Mordant/File Photo


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lima perusahaan minyak terbesar dunia secara kolektif memangkas nilai aset mereka hampir US$ 50 miliar pada kuartal kedua, dan memangkas tingkat produksi karena pandemi virus corona yang menyebabkan penurunan drastis harga bahan bakar dan permintaan.

Pengurangan dramatis dalam valuasi aset dan penurunan output menunjukkan betapa sakitnya kuartal kedua. Permintaan bahan bakar pada satu titik turun lebih dari 30% di seluruh dunia, dan masih tetap di bawah tingkat pra-pandemi.

Beberapa eksekutif mengatakan mereka melakukan pengurangan besar-besaran karena mereka memperkirakan permintaan akan tetap terganggu selama beberapa kuartal lagi karena orang-orang lebih jarang bepergian dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar karena pandemi global yang sedang berlangsung yang telah menewaskan lebih dari 700.000 orang.

Baca Juga: Balitbang ESDM kaji pemanfaatan CPO untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Dari lima perusahaan tersebut, hanya Exxon Mobil yang tidak mengalami penurunan nilai yang cukup besar. Tetapi evaluasi ulang yang sedang berlangsung atas rencananya dapat menyebabkan "porsi yang signifikan" dari asetnya mengalami penurunan nilai, lapornya, dan menandakan penghapusan 20% atau 4,4 miliar barel cadangan minyak dan gasnya.

Sebaliknya, BP mengalami kerugian US$ 17 miliar. Dikatakan pihaknya berencana untuk memusatkan kembali pengeluarannya di tahun-tahun mendatang di sekitar energi terbarukan dan lebih sedikit pada minyak dan gas alam.

Permintaan yang lemah berarti produsen minyak harus meninjau kembali rencana bisnis, kata Lee Maginniss, direktur pelaksana di konsultan Alarez & Marsal. Dia mengatakan tujuannya seharusnya untuk memompa hanya apa yang menghasilkan uang tunai melebihi biaya overhead.

"Ini mode produksi berbiaya rendah hingga akhir 2021 pasti, dan hingga 2022 sejauh ada rencana pengembangan baru yang sedang dipertimbangkan," kata Maginniss dikutipdari Reuters.

BP yang berbasis di London sebelumnya mengatakan pihaknya berencana untuk memangkas keseluruhan produksi sekitar 1 juta barel setara minyak (boepd) pada akhir 2030 dari 3,6 juta boepd saat ini.

Baca Juga: Pertamina sebut Proyek Langit Biru Cilacap bisa tingkatkan ketahanan energi nasional

Dari lima, Exxon adalah produsen terbesar, dengan produksi harian 3,64 juta boepd, tetapi produksinya turun 408.000 boepd antara kuartal pertama dan kedua. Lima perusahaan besar, yang meliputi Chevron Corp, Royal Dutch Shell dan Total SA, juga memangkas belanja modal sebesar US$ 25 miliar gabungan antara kuartal tersebut.

Produksi minyak mentah di seluruh dunia turun tajam setelah pasar jatuh pada bulan April. Organisasi Negara Pengekspor Minyak, dipimpin oleh Arab Saudi, bersama dengan sekutunya termasuk Rusia, setuju untuk memangkas produksi hampir 10 juta barel per hari untuk menyeimbangkan pasokan dan permintaan di pasar.




TERBARU

[X]
×