kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   4,45   0.48%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Melonjak Tersulut Serangan AS dan Inggris ke Yaman


Jumat, 12 Januari 2024 / 11:45 WIB
Harga Minyak Melonjak Tersulut Serangan AS dan Inggris ke Yaman
ILUSTRASI. An oil pump of IPC Petroleum France is seen at sunset outside Soudron, near Reims, France, August 24, 2022. REUTERS/Pascal Rossignol


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Saham-saham Asia menunjukkan sikap hati-hati pada hari Jumat akibat meningkatnya konflik di kawasan Laut Merah yang mendorong kenaikan harga minyak.

Sementara itu, data inflasi Amerika Serikat (AS) yang sedikit melebihi perkiraan tidak mengurangi pandangan investor terhadap kemungkinan penurunan suku bunga yang lebih awal dan agresif di AS dan Eropa.

Kenaikan suku bunga mungkin terdorong oleh komentar dovish dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde, yang menyatakan bahwa penurunan suku bunga dapat terjadi jika bank sentral yakin bahwa inflasi telah turun ke level 2%.

Baca Juga: Harga Minyak Melonjak, Pasar Saham Waspada Saat AS, Inggris Menyerang di Yaman

Harga minyak naik setelah Amerika Serikat dan Inggris mengumumkan serangan terhadap sasaran terkait Houthi di Yaman, yang didukung Iran, setelah kelompok tersebut menyerang kapal internasional di Laut Merah.

Harga Brent naik 2,2% menjadi $79,11 per barel, sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 2,3% menjadi $73,69.

Konflik yang semakin intensif di Laut Merah menyebabkan saham-saham tetap melemah. Indeks MSCI yang mencakup saham-saham Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,2%, sementara Nikkei Jepang melonjak 1,1% mencapai level tertinggi dalam 34 tahun, didorong oleh pelemahan yen.

Data inflasi China menunjukkan pemulihan ekonomi negara tersebut masih lemah pada bulan Desember, dengan indeks harga konsumen turun 0,3% dibanding tahun sebelumnya. Namun, data perdagangan terpisah menunjukkan pertumbuhan ekspor lebih cepat dari perkiraan bulan lalu, sementara impor kembali tumbuh.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia karena Ketegangan di Timur Tengah Memanas, Kamis (11/1)

Saham-saham di China berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian, dengan blue chips Tiongkok dan indeks Hang Seng Hong Kong (HSI) turun 0,1%.

Di Wall Street, saham mengalami pembalikan setelah data menunjukkan kenaikan harga konsumen AS melebihi perkiraan pada bulan Desember. Andrew Lilley, kepala strategi suku bunga di Barrenjoey, menyatakan bahwa meskipun data inti inflasi AS sedikit lebih kuat dari perkiraan, hal ini tidak mencerminkan pembacaan yang kuat pada PCE, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed.

Para pejabat Fed tidak mendapatkan sinyal yang jelas dari data inflasi. Presiden Fed Richmond, Thomas Barkin, mengatakan data tersebut tidak banyak membantu memperjelas jalur inflasi.

Presiden Fed Chicago, Austan Goolsbee, menyatakan ketidakyakinannya apakah data sudah cukup bagi The Fed untuk mulai menurunkan suku bunga, sementara Presiden Fed Cleveland, Loretta Mester, menyebut penurunan suku bunga pada bulan Maret "terlalu dini menurut perkiraan saya".

Meskipun demikian, pasar berjangka meningkatkan taruhan terhadap penurunan suku bunga pada bulan Maret dengan probabilitas mencapai 73%, dibandingkan dengan 68% pada hari sebelumnya. Mereka juga memperkirakan pelonggaran moneter sekitar 150 basis poin tahun ini, melampaui proyeksi Federal Reserve sebesar 75 bps.

Baca Juga: Harga Minyak Melonjak Hampir 2% Tersulut Eskalasi Timur Tengah

Pasar uang berjangka Euribor naik sebanyak 10 basis poin semalam. Swap sepenuhnya memperhitungkan penurunan suku bunga sebesar seperempat poin pada bulan April, dengan peluang 30% untuk penurunan suku bunga sebesar 50 bps. Total pelonggaran sebesar 148 bps diperkirakan untuk tahun ini.

Imbal hasil obligasi dua tahun di Asia berada pada 4,2618%, turun 11 bps dalam semalam, sementara imbal hasil obligasi sepuluh tahun sedikit berubah pada 3,9715%, turun 5 bps dalam semalam.

Di pasar valuta asing, dolar tidak menunjukkan kemajuan setelah data inflasi AS yang sedikit lebih kuat dari perkiraan. Indeks dolar sedikit berubah pada 102,19 terhadap mata uang utama lainnya, setelah sesi sebelumnya sedikit lebih rendah.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×