kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Anjlok di Pekan Ini, Kekhawatiran Resesi Kembali Merebak


Minggu, 16 Oktober 2022 / 06:13 WIB
Harga Minyak Mentah Anjlok di Pekan Ini, Kekhawatiran Resesi Kembali Merebak
ILUSTRASI. Harga minyak mentah dunia mendingin karena kekhawatiran resesi


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak anjlok lebih dari 3% pada perdagangan akhir pekan ini. Kekhawatiran resesi global dan permintaan minyak yang lemah, terutama di China, melebihi dukungan dari pemotongan besar-besaran terhadap target pasokan OPEC+.

Jumat (14/10), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Desember 2022 ditutup anjlok 3,1% ke US$ 91,63 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman November 2022 ditutup ambles 3,9% menjadi US$ 85,61 per barel.

Harga minyak kontrak acuan Brent dan WTI pun harus mencetak pelemahan mingguan. Di mana, Brent melorot 6,4% dan WTI terjun bebas 7,6% di pekan ini.

Selama perdagangan hari terakhir di pekan ini, harga minyak acuan terombang ambing di zona positif dan negatif. Sentimen terbesar yang melukai minyak datang dari data inflasi Amerika Serikat (AS) terbaru.

Baca Juga: Harga Minyak Turun Saat Persediaan Minyak AS Melonjak

Di mana, inflasi inti AS mencatat kenaikan tahunan terbesar dalam 40 tahun, memperkuat pandangan bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi lebih lama dengan risiko resesi global. Keputusan suku bunga AS berikutnya akan digelar pada 1-2 November.

Sentimen konsumen AS terus meningkat dengan mantap pada bulan Oktober, tetapi ekspektasi inflasi rumah tangga sedikit memburuk, sebuah survei menunjukkan.

Peningkatan sentimen konsumen "dipandang sebagai negatif karena itu berarti The Fed perlu mematahkan semangat konsumen dan lebih memperlambat ekonomi, dan itu menyebabkan kenaikan dolar dan tekanan ke bawah pada pasar minyak," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group di Chicago.

Indeks dolar AS naik sekitar 0,8%. Dolar yang lebih kuat mengurangi permintaan minyak dengan membuat bahan bakar lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Dalam pasokan AS, perusahaan energi minggu ini menambahkan delapan rig minyak sehingga totalnya menjadi 610, tertinggi sejak Maret 2020, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

China, importir minyak mentah terbesar di dunia, telah memerangi wabah COVID-19 setelah liburan selama seminggu. Penghitungan infeksi negara itu kecil menurut standar global, tetapi mematuhi kebijakan nol-COVID yang sangat membebani kegiatan ekonomi dan dengan demikian permintaan minyak.

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Ledakan di Tambang Batubara Turki Naik Menjadi 41 Orang

International Energy Agency (IEA) pada hari Kamis memangkas perkiraan permintaan minyaknya untuk tahun ini dan tahun depan, memperingatkan potensi resesi global.

Pasar masih mencerna keputusan minggu lalu dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, ketika mereka mengumumkan pemotongan 2 juta barel per hari (bph) untuk target produksi minyak.

Kurangnya produksi di antara kelompok berarti ini mungkin akan diterjemahkan menjadi pemotongan 1 juta barel per hari, perkiraan IEA.

Arab Saudi dan Amerika Serikat telah bentrok atas keputusan tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×