kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Bergerak Tipis Usai Melonjak Tajam di Awal Pekan


Selasa, 23 Januari 2024 / 11:29 WIB
Harga Minyak Mentah Bergerak Tipis Usai Melonjak Tajam di Awal Pekan
ILUSTRASI. harga emas acuan bergerak tipis


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga minyak sedikit berubah pada hari Selasa karena para investor mempertimbangkan sejumlah kekhawatiran pasokan dan permintaan yang saling bertentangan, dengan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan cuaca dingin yang mengganggu produksi di Amerika Serikat (AS).

Selasa (23/1) pukul 11.00 WIB, harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Maret 2024 turun 2 sen menjadi US$ 80,04 per barel.

Sementara, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Maret 2024 turun 1 sen menjadi US$ 74,75 per barel.

Kedua kontrak tersebut telah diselesaikan naik sekitar 2% pada hari Senin, karena serangan drone Ukraina terhadap terminal ekspor bahan bakar Ust-Luga Novatek meningkatkan kekhawatiran pasokan dan menaikkan harga.

Para analis mengatakan Novatek kemungkinan akan melanjutkan operasi skala besar di sana dalam beberapa minggu.

Baca Juga: Harga Minyak Terkoreksi Tipis Selasa (23/1) Pagi, Setelah Naik Tinggi Kemarin

Meskipun kerusakan pada tempat berlabuh di terminal Ust-Luga hanya “berdampak singkat pada ekspor,” tindakan tersebut meningkatkan prospek perang Rusia-Ukraina “bergerak ke fase baru di mana pihak-pihak yang bertikai menargetkan infrastruktur energi utama,” kata analis di ANZ Research dalam sebuah catatan.

Di Timur Tengah, pasukan AS dan Inggris juga melancarkan serangan baru yang menargetkan lokasi penyimpanan bawah tanah Houthi serta kemampuan rudal dan pengawasan yang digunakan oleh kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran.

Serangan Houthi terhadap kapal-kapal di dan sekitar kawasan Laut Merah telah mengganggu pelayaran global dan memicu kekhawatiran inflasi. Kelompok tersebut mengatakan serangan mereka merupakan bentuk solidaritas terhadap warga Palestina ketika Israel menyerang Gaza.

Beberapa analis tetap optimistis terhadap fundamental pasar jangka pendek karena konflik yang sedang berlangsung ini.

“Tanpa kekhawatiran resesi, dampak cuaca ekstrem terhadap produksi minyak mentah AS dan meningkatnya konflik geopolitik masih mendukung harga minyak,” kata analis CMC Markets yang berbasis di Shanghai, Leon Li.

Di AS, 20% produksi minyak di Dakota Utara tetap terhenti karena suhu dingin yang ekstrim dan tantangan operasional, kata otoritas pipa negara bagian tersebut pada hari Senin.

Namun, yang membebani pasar adalah kekhawatiran terhadap pemulihan ekonomi Tiongkok yang melambat, yang meningkatkan kekhawatiran terhadap permintaan minyak global mengingat raksasa Asia ini merupakan importir minyak mentah terbesar di dunia.

Para pengambil kebijakan di Tiongkok telah meluncurkan serangkaian langkah untuk menopang perekonomian namun konsumsi domestik masih lemah, membuat para pedagang minyak gelisah mengenai prospek permintaan.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Turun Senin (22/1), Hambatan Ekonomi Membebani Prospek Permintaan

“Mengingat adanya konflik faktor fundamental di (pasar) minyak mentah WTI saat ini, faktor momentum kemungkinan akan menjadi pendorong utama dalam menentukan harga minyak dalam jangka pendek,” kata analis pasar senior OANDA, Kelvin Wong.

Harga minyak mentah WTI berhasil ditutup di atas rata-rata pergerakan 50 hari pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak 24 Oktober tahun lalu. Penutupan bullish mengikuti penutupan harian serupa di atas rata-rata pergerakan 20 hari pada Kamis lalu, tambahnya.

Jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS diperkirakan turun sekitar 3 juta barel dalam sepekan hingga 19 Januari juga membatasi pelemahan harga. Stok sulingan diperkirakan turun minggu lalu, sementara persediaan bensin diperkirakan meningkat. Data resmi pemerintah EIA/S diperkirakan akan keluar pada 24 Januari.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×