kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Ditutup Melemah Karena Prospek Pasokan yang Lebih Kuat


Sabtu, 28 Januari 2023 / 06:51 WIB
Harga Minyak Mentah Ditutup Melemah Karena Prospek Pasokan yang Lebih Kuat
ILUSTRASI. Harga minyak mentah kembali dingin setelah ditutup melemah di akhir pekan


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak ditutup melemah dan membuat kinerja mingguan datar. Koreksi minyak terjadi karena indikasi pasokan minyak Rusia yang kuat mengimbangi data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari perkiraan.

Jumat (27/1), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Maret 2023 ditutup turun 0,9%, ke US$ 86,66 per barel,

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Maret 2023 juga ditutup turun 1,6% ke US$ 79,68 per barel.

Dengan hasil ini, WTI sudah anjlok 2% pada minggu ini. Sedangkan WTI naik 3 sen pada pekan ini.

Pemuatan minyak dari pelabuhan Baltik Rusia akan naik sebesar 50% bulan ini dari Desember karena penjual mencoba untuk memenuhi permintaan yang kuat di Asia dan keuntungan dari kenaikan harga energi global, kata para pedagang dan perhitungan Reuters menunjukkan.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Maik 2%, Didukung Ekonomi AS yang Kuat dan Langkah China

Pemuatan minyak mentah Ural dan KEBCO dari Ust-Luga selama 1-10 Februari dapat naik menjadi 1,0 juta ton dari 0,9 juta dalam rencana untuk periode yang sama di Januari, pedagang juga.

"Jika pasokan Rusia tetap kuat menjelang bulan depan, minyak mungkin akan terus turun," kata John Kilduff, partner di Again Capital LLC di New York.

Dia menambahkan bahwa aksi ambil untung menjelang akhir pekan mungkin juga telah mendorong harga lebih rendah.

Perusahaan energi A.S. minggu ini menjaga rig minyak dan gas alam tetap stabil di 771, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co BKR.O mengatakan dalam laporannya yang diikuti pada hari Jumat.

Sementara itu, delegasi OPEC+ bertemu minggu depan untuk meninjau tingkat produksi minyak mentah, dengan sumber dari kelompok produsen minyak mengharapkan tidak ada perubahan pada kebijakan produksi saat ini.

Keputusan Federal Reserve AS selanjutnya tentang suku bunga akan dibuat pada pertemuan pada 31 Januari dan 1 Februari dengan latar belakang penurunan inflasi dan produk domestik bruto yang tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan 2,9% pada kuartal keempat.

Baca Juga: Pembelian Minyak Mentah Rusia Mandeg, Luhut Beberkan Masalahnya

Peningkatan 4,2 juta barel minggu ini di saham di Cushing, pusat penetapan harga minyak berjangka NYMEX, juga membebani pasar. AMDAL/S

Di China, kasus COVID-19 yang sakit kritis turun 72% dari puncaknya awal bulan ini sementara kematian harian di antara pasien COVID-19 di rumah sakit telah turun 79% dari puncaknya, menunjukkan normalisasi ekonomi China dan meningkatkan ekspektasi pemulihan permintaan minyak.




TERBARU

[X]
×