kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Ditutup Turun 1%, Terseret Perluasan Pembatasan Covid-19 China


Sabtu, 29 Oktober 2022 / 06:30 WIB
Harga Minyak Mentah Ditutup Turun 1%, Terseret Perluasan Pembatasan Covid-19 China


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak ditutup turun sekitar 1% pada perdagangan akhir pekan ini. Sentimen utama datang dari importir minyak mentah utama China yang memperluas pembatasan Covid--19.

Jumat (28/10), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Desember 2022 ditutup turun US$ 1,19 atau 1,2% ke US$ 95,77 per barel.

Setali tiga uang, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Desember 2022 juga ditutup turun US$ 1,18 atau 1,3% ke US$ 87,90 per barel.

Walau begitu, harga minyak mentah tetap cetak kenaikan di pekan ini, di tengah kekhawatiran pasokan dan data ekonomi yang secara mengejutkan kuat. Untuk minggu ini, Brent naik sekitar 2% dan WTI naik sekitar 3%.

Di sisi lain, harga bensin berjangka turun sekitar 3%, dan solar AS naik sekitar 5% ke level tertinggi sejak pertengahan Juni.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Melemah di Pagi Ini (28/10), Tertekan Penguatan Dolar AS

"Diesel (masih) komponen terkuat dari kompleks (dengan) short tersingkir dari kontrak November menjelang berakhirnya Senin," kata analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates.

Harga minyak terseret setelah sejumlah kota di China meningkatkan pembatasan Covid-19 pada hari Kamis (27/10). Di mana, sejumlah kota menutup gedung dan mengunci distrik setelah China mendaftarkan 1.506 infeksi Covid-19 baru pada 27 Oktober, kata Komisi Kesehatan Nasional. Jumlah itu naik dari 1.264 kasus baru yang didaftarkan pada hari sebelumnya.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi China melambat menjadi 3,2% di tahun ini. Proyeksi itu turun 1,2 poin dari proyeksi April, setelah ekonomi China naik 8,1% pada tahun 2021 silam.

"Sulit untuk membuat alasan untuk rebound dalam pembelian minyak mentah China mengingat latar belakang ketidakpastian atas kebijakan nol-Covid," kata analis PVM Oil Stephen Brennock.

PetroChina mengatakan, permintaan China untuk bahan bakar olahan dan gas alam ditetapkan untuk tumbuh secara tahunan pada kuartal keempat seiring dengan pemulihan ekonomi yang diharapkan karena Beijing meluncurkan lebih banyak kebijakan stimulus.

Kekuatan ekonomi di dua ekonomi utama membatasi kerugian minyak.

Padahal, minyak baru saja mendapat tenaga setelah data pada hari Kamis menunjukkan rebound kuat dalam produk domestik bruto (PDB) AS pada kuartal III-2022. Hal itu menunjukkan ketahanan di ekonomi dan konsumen minyak terbesar di dunia.

Baca Juga: Wall Street Reli: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Ditutup Melonjak Lebih dari 2,5%

Data pada hari Jumat juga menunjukkan bahwa ekonomi Jerman juga tumbuh secara tak terduga pada kuartal ketiga. Ekonomi terbesar di Eropa itu mempertahankan resesi meskipun inflasi tinggi dan kekhawatiran pasokan energi menjelang larangan Eropa terhadap impor minyak mentah Rusia.

"Pasar tetap waspada terhadap tenggat waktu yang akan datang untuk pembelian minyak mentah Rusia di Eropa sebelum sanksi dimulai pada 5 Desember," kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan.

Raksasa minyak dan gas global termasuk Exxon Mobil, Chevron dan Equinor membukukan laba kuartal ketiga yang besar, memicu kritik dari kelompok konsumen di Amerika Serikat dan Eropa.

Presiden AS Joe Biden telah mengatakan kepada perusahaan-perusahaan minyak bahwa mereka tidak berbuat cukup untuk menurunkan biaya energi.

Rig minyak dan gas alam AS turun minggu ini, tetapi pada bulan Oktober tidak ada kenaikan bulanan pertama mereka sejak Juli, menurut perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) kemungkinan akan mempertahankan pandangannya bahwa permintaan minyak dunia akan meningkat selama satu dekade lagi.




TERBARU

[X]
×