kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Turun 1%, Kekhawatiran Resesi AS Imbangi Harapan Pemulihan China


Kamis, 19 Januari 2023 / 06:01 WIB
Harga Minyak Mentah Turun 1%, Kekhawatiran Resesi AS Imbangi Harapan Pemulihan China
ILUSTRASI. Harga minyak mentah anjlok


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak tergelincir sekitar 1% setelah menyerah pada kenaikan awal karena kekhawatiran tentang kemungkinan resesi Amerika Serikat (AS) melebihi optimisme bahwa pencabutan pembatasan Covid-19 oleh China akan mendorong permintaan minyak mentah di importir minyak utama dunia.

Rabu (18/1), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Maret 2023 ditutup turun 94 sen, atau 1,1% di US$ 84,98 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Februari 2023 juga ditutup melemah 70 sen, atau 0,9% menjadi US$ 79,48 per barel.

Harga minyak membalikkan kenaikan yang sempat terjadi pada sore hari, bersama dengan indeks utama Wall Street yang anjlok karena komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve (The Fed). Hal itu memicu kekhawatiran bank sentral mungkin tidak menghentikan kenaikan suku bunga yang agresif dalam waktu dekat.

Pasar pada awalnya bereaksi positif terhadap data AS, yang menunjukkan penjualan ritel dan produksi manufaktur turun lebih dari perkiraan pada bulan Desember, di tengah harapan The Fed sekarang akan melonggarkan kenaikan suku bunga.

Namun, kenaikan itu berumur pendek karena Presiden The Fed St. Louis James Bullard dan Presiden The Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan suku bunga perlu naik melampaui 5% untuk mengendalikan inflasi.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Melonjak Sekitar 1% di Tengah Optimisme Pemulihan Ekonomi China

Pada perdagangan kali ini, Microsoft Corp mengatakan akan menghilangkan 10.000 pekerjaan dan mengambil biaya US$ 1,2 miliar, karena pelanggan cloud-computing menilai kembali pengeluaran dan perusahaan bersiap menghadapi potensi resesi.

"Datang di belakang kelemahan dalam penjualan ritel, penurunan tajam dalam produksi industri dan berita lebih banyak PHK menambah kekhawatiran AS sudah bisa berada dalam resesi," kata analis di ING dalam sebuah catatan.

Harga minyak mentah mendapat dukungan di awal sesi setelah China melaporkan data ekonomi yang mengalahkan perkiraan setelah negara tersebut mulai memutar kembali kebijakan nol-COVID pada awal Desember.

Pencabutan pembatasan China akan meningkatkan permintaan minyak global ke rekor tertinggi tahun ini, menurut Badan Energi Internasional (IEA). Sementara sanksi batas harga terhadap Rusia dapat mengurangi pasokan.

Konsultan Rystad Energy mengatakan, efek sanksi terhadap ekspor minyak mentah Rusia setelah 1,5 bulan embargo Uni Eropa dan pembatasan harga G7 tidak separah yang diperkirakan beberapa orang.

Rystad bilang, kerugian sekitar 500.000 barel per hari dan India dan China tetap menjadi pembeli utama minyak mentah Rusia.

Analis memperkirakan penarikan stok minyak mentah AS sekitar 600.000 barel pekan lalu, jajak pendapat Reuters menunjukkan, yang dapat memberikan beberapa dukungan harga.

American Petroleum Institute (API) ditetapkan untuk merilis data industri pada pukul 16:30. EST (2130 GMT). Pemerintah AS melaporkan pada pukul 11 ​​pagi hari Kamis. Kedua laporan mingguan tersebut ditunda sehari karena hari libur federal Hari Martin Luther King pada hari Senin.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×