kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,46   -17,27   -1.86%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Reli, Brent Ditutup di atas US$ 90 untuk Pertama Kali sejak Oktober 2023


Jumat, 05 April 2024 / 05:46 WIB
Harga Minyak Reli, Brent Ditutup di atas US$ 90 untuk Pertama Kali sejak Oktober 2023
ILUSTRASI. harga minyak mentah acuan lanjut reli


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak memperpanjang penguatan dan ditutup menguat lebih dari US$ 1 karena ketegangan geopolitik dan penurunan produksi melebihi kehati-hatian terhadap penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed).

Kamis (4/4), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman bulan Juni ditutup US$ 1,3 atau 1,5% menjadi US$ 90,65 per barel. Bahkan, Brent sempat berada di atas US$ 91 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman bulan Mei ditutup naik US$ 1,16, atau 1,4% menjadi US$ 86,59 per barel.

Kedua kontrak ditutup di level tertinggi sejak Oktober dan terus naik setelah sesi berakhir. Sentimen pendukung harga minyak acuan ini datang dari meningkatnya ketegangan geopolitik dan potensi risiko pasokan.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Stabil, Didukung oleh Kekhawatiran Menipisnya Pasokan

Harga minyak naik pada hari Kamis menyusul laporan berita bahwa kedutaan besar Israel di seluruh dunia telah disiagakan karena meningkatnya ancaman serangan Iran terhadap diplomat Israel.

Iran, produsen terbesar ketiga di OPEC, telah bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel atas serangan pada hari Senin yang menewaskan personel militer tingkat tinggi Iran. Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kompleks kedutaan Iran di Suriah.

Dengan perubahan nada yang tajam, Washington mengeluarkan teguran publik yang paling keras terhadap Israel pada hari Kamis, sejak dimulainya perang dengan Hamas. AS memperingatkan bahwa kebijakan AS terhadap Gaza akan ditentukan oleh apakah Israel mengambil langkah-langkah untuk mengatasi keselamatan warga sipil Palestina dan pekerja bantuan.

AS pada hari Kamis memberlakukan sanksi kontra-terorisme baru terkait Iran terhadap Oceanlink Maritime DMCC dan kapal-kapalnya, dengan alasan perannya dalam mengirimkan komoditas atas nama militer Iran.

AS menggunakan sanksi keuangan untuk mengisolasi Iran guna mengganggu kemampuannya mendanai kelompok proksinya dan menghambat dukungan negara tersebut terhadap perang Rusia di Ukraina, kata Departemen Keuangan.

Harga minyak juga mendapat dukungan setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan NATO karena dukungan terhadap negara tersebut tetap “kuat” di antara negara-negara anggota.

Kenaikan minyak baru-baru ini juga terjadi setelah serangan Ukraina terhadap kilang Rusia yang mengurangi pasokan bahan bakar. Selain itu, berita bahwa perusahaan energi negara Meksiko, Pemex, meminta unit perdagangannya untuk membatalkan ekspor minyak mentah hingga 436.000 barel per hari pada bulan ini karena perusahaan tersebut bersiap untuk memproses minyak dalam negeri di pabrik baru, Kilang Dos Bocas.

“Semua faktor geopolitik ini terjadi secara bersamaan, mendorong sentimen bullish dan pada akhirnya terjadi aksi ambil untung,” kata Frank Monkham, manajer portofolio senior di Altimo LLC.

Pertemuan para menteri utama OPEC+, mempertahankan kebijakan pasokan minyak tidak berubah pada hari Rabu dan menekan beberapa negara untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pengurangan produksi.

Baca Juga: Wall Street Melemah Tajam Terseret Aksi Jual Jelang Laporan Tenaga Kerja AS

Kelompok tersebut mengatakan beberapa anggota akan mengkompensasi kelebihan pasokan pada kuartal pertama. Ia juga mengatakan Rusia akan beralih ke produksi daripada membatasi ekspor.

Investor akan mencermati data ekonomi dan kebijakan moneter untuk mendapatkan petunjuk potensial mengenai prospek permintaan minyak.

Klaim pengangguran AS meningkat lebih dari perkiraan pada minggu lalu, menurut statistik Departemen Tenaga Kerja, seiring dengan membaiknya kondisi pasar tenaga kerja secara bertahap.

Hal ini terjadi setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menyatakan kehati-hatiannya pada hari Rabu mengenai waktu penurunan suku bunga di masa depan, setelah data terbaru menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan.

Laporan ketenagakerjaan bulan Maret pada hari Jumat kemungkinan menunjukkan nonfarm payrolls meningkat sebesar 200.000 pekerjaan di bulan Maret setelah meningkat sebesar 275.000 di bulan Februari, menurut survei Reuters.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×