kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil Olimpiade Tokyo: Jonatan Christie berhasil lolos ke 16 besar


Rabu, 28 Juli 2021 / 21:56 WIB
Hasil Olimpiade Tokyo: Jonatan Christie berhasil lolos ke 16 besar
ILUSTRASI. Hasil Olimpiade Tokyo: Jonatan Christie berhasil lolos ke 16 besar. FOTO: REUTERS/Leonhard Foeger


Sumber: Kompas.com | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Jonatan Christie, pemain tangkis tunggal putra Indonesia, berhasil lolos ke fase gugur atau 16 besar Olimpiade Tokyo 2020.

Kabar gembira ini tidak lepas dari keberhasilan Jonatan Christie mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, pada laga terakhir Grup G, Rabu (28/7/2021) petang WIB.

Bertanding di Lapangan 2 Musahisno Forest Sport Plaza, Jonatan Christie berjuang selama lebih dari satu jam (68 menit) untuk mengalahkan Loh Kean Yew.

Skor akhir laga Jonatan Christie vs Loh Kean Yew adalah 22-20, 13-21, dan 21-18 dengan kemenangan Jonatan Christie.

Kemenangan ini membuat Jonatan Christie sukses memperlebar keunggulan rekor pertemuan melawan Loh Kean Yew menjadi 4-0. Jonatan Christie juga berhak lolos ke 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 sebagai juara Grup G.

Baca Juga: Hasil Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Ginting dan Jonatan Christie tembus 16 besar

Pada awal gim pertama, Jonatan Christie dan Loh Kean Yew saling kejar mengejar poin hingga kedudukan imbang 5-5. Jonatan Christie dan Loh Kean Yew sering terlibat duel adu pukulan drive pada awal gim pertama.

Jonatan Christie kemudian mulai unggul meninggalkan Loh Kean Yew pada kedudukan 7-6. Keunggulan itu terus dipertahankan Jonatan Christie hingga 11-8 saat interval.

Berlanjut setelah interval, tempo pertandingan sedikit meningkat. Loh Kean Yew kali ini mulai berani menyerang dengan melepaskan smash keras dari tengah bidang permainannya.

Meski Loh Kean Yew terus mencoba mendekat, Jonatan Christie tetap berhasil menjaga keunggulan hingga kedudukan 17-13. Poin terakhir Jonatan Christie didapatkan melalui serangan balik dengan mengecoh Loh Kean Yew melalui kombinasi pukulan smash dan drop shoot.

Loh Kean Yew yang terlihat mulai panas kemudian berhasil memperkecil ketertinggalannya menjai 17-18 berkat dua smash keras. Momen itu terus dimanfaatkan hingga berhasil berbalik unggul 19-18.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020: Atlet angkat besi Rahmat Erwin Abdullah sumbang medali perunggu

Pertandingan semakin sengit ketika kedudukan imbang 20-20. Jonatan Christie pada akhirnya sukses mengunci gim pertama dengan kemenangan 22-20. Berlanjut ke gim kedua, Jonatan Christie dan Loh Kean Yew kembali saling kejar mengejar poin hingga kedudukan imbang 2-2.

Satu drop shoot menyilang yang cantik kemudian membuat Jonatan Christie menjauh 4-2.  Loh Kean Yew yang terus tertinggal kemudian berhasil berbalik unggul 11-8 saat interval setelah mencetak enam angka beruntun.

Loh Kean Yew mendapatkan tiga poin terakhirnya setelah berhasil memenangi duel adu net.

Berlanjut setelah interval, Loh Kean Yew langsung kembali menekan dan berhasil mencetak empat angka beruntun untuk memperlebar keunggulan menjadi 15-8. Perolehan angka Loh Kean Yew pada akhirnya terhenti setelah back hand smash Jonatan Christie masuk.

Namun, Loh Kean Yew yang terlihat sudah mulai percaya diri berhasil terus menjaga keunggulannya hingga sukses mengakhiri gim kedua dengan kemenangan 21-13. 

Berlanjut ke gim penentuan, Loh Kean Yew berhasil unggul cepat 4-1. Jonatan Christie kemudiaan mempercepat tempo permainannya dan berhasil berbalik unggul 8-5 setelah mencetak enam angka beruntun.

Keunggulan itu terus dijaga Jonatan Christie hingga 11-7 saat interval. Setelah interval, Jonatan Christie masih memegang kendali permainan. Pertandingan semakin sengit ketika Loh Kean Yew berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 16-17.

Namun, Jonatan Christie tetap berhasil mempertahankan keunggulannnya hingga mengunci gim ketiga dengan kemenangan 21-18.

Baca Juga: Jadwal badminton Olimpiade Tokyo 2020, Kamis (29/7), ganda putra RI di perempat final

Jonatan Christie Unggul atas Aram Mahmoud 

Pada laga pertama Grup G, Jonatan Christie juga berhasil meraih kemenangan langsung ketika berhadapan dengan atlet asal Suriah, Aram Mahmoud, Sabtu (24/7/2021).

Jonatan Christie selaku unggulan ketujuh saat itu sukses menumbangkan Aram Mahmoud dengan skor cukup telak 21-8 dan 21-14. Selanjutnya, Jonatan Christie akan berhadapan dengan wakil China, Shi Yu qi, yang lolos ke 16 besar sebagai juara Grup H.

Menilik rekor pertemuan, Jonatan Christie sedikit lebih unggul atas Shi Yu Qi. Jonatan Christie tercatat sudah pernah lima kali mengalahkan Shi Yu Qi dari total delapan pertemuan.

Sebelum Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting selaku wakil Indonesia lainnya di sektor tunggal putra berhasil lolos ke 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 terlebih dahulu. Anthony Sinisuka Ginting melaju ke 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 sebagai juara Grup J.

Sama seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting juga berhasil menyapu bersih dua laga Grup J dengan kemenangan.

Baca Juga: Jadwal atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 hari ini: Angkat besi dan badminton

Kabar terbaru Ginting sukses mengalahkan wakil Rusia, Sergey Sirant (ROC) dengan skor cukup telak 21-12 dan 21-10, Rabu (28/7/2021) sore WIB.

Pada babak 16 besar nanti, Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan juara Grup I. Calon lawan Anthony Sinsuka Ginting adalah Ygor Coelho (Brasil) atau wakil tuan rumah, Kanta Tsuneyama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Olimpiade Tokyo - Berjuang 1 Jam Lebih, Jonatan Christie Lolos ke 16 Besar".

Penulis : M. Hafidz Imaduddin
Editor : Ferril Dennys




TERBARU

[X]
×