kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati! Pelemahan Yuan China Dapat Berdampak Buruk Bagi Pasar Negara Berkembang


Senin, 05 September 2022 / 14:22 WIB
Hati-hati! Pelemahan Yuan China Dapat Berdampak Buruk Bagi Pasar Negara Berkembang
ILUSTRASI. Mata uang yuan China telah menjadi ancaman bagi pasar negara berkembang karena jatuh ke level terendah dua tahun. REUTERS/Stringer (CHINA - Tags: BUSINESS)/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Mata uang yuan China telah menjadi ancaman bagi pasar negara berkembang karena jatuh ke level terendah dua tahun dan masih bisa berlanjut kerugiannya. Hal tersebut terjadi ketika pertumbuhan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini sedang tergagap.

Padahal, beberapa bulan yang lalu, yuan China berkuasa sebagai aset surga pasar negara berkembang yang melindungi investor dari turbulensi perang dan inflasi yang tak terkendali.

Yuan turun selama enam bulan berturut-turut pada Agustus, membatasi penurunan beruntun terpanjang sejak puncak perang perdagangan yang dipimpin AS pada Oktober 2018.  

Baca Juga: Otoritas di China Sebut Akan Terapkan Kesepakatan Audit dengan AS

Beberapa bank melihat Yuan akan jatuh lebih dalam dan melewati batas psikologis 7 per dolar tahun ini.

"Dengan yuan akan melemah lebih lanjut, pasar negara berkembang lainnya akan menghadapi tekanan ke bawah pada mata uang mereka," kata Per Hammarlund, kepala strategi pasar negara berkembang di Skandinaviska Enskilda Banken dikutip dari Bloomberg, Senin (5/9).

Kondisi ini merupakan pembalikan yang menakjubkan untuk mata uang yang menonjol karena ketahanannya pada pecahnya perang Rusia di Ukraina. Pada hari-hari setelah invasi 24 Februari, yuan adalah satu-satunya nilai tukar pasar berkembang yang menghindari penurunan, diperdagangkan pada level tertinggi hampir empat tahun terhadap indeks acuan MSCI Inc.

Namun dalam sebulan terakhir, sentimen berbalik. Kebijakan Nol Covid China, krisis properti yang menggelembung, dan perlambatan pertumbuhan memicu eksodus modal asing, bahkan ketika ekspektasi inflasi domestik melonjak. Bank sentral China telah berusaha untuk melawan depresiasi.

Rilis data yang dijadwalkan untuk minggu ini juga tidak terlihat menjanjikan. Mereka mungkin menunjukkan penurunan cadangan devisa China dan pertumbuhan ekspor, selain perlambatan dalam jasa.  

Baca Juga: Kasus Baru Covid dan Gelombang Panas Membebani Kegiatan Pabrik di China

Yuan yang lebih lemah memiliki dampak yang lebih luas untuk pasar negara berkembang, yang telah mengalami kenaikan inflasi selama dua tahun, kegelisahan atas pengetatan moneter Federal Reserve dan prospek resesi di pasar utama barat.

Goldman dan Societe Generale mengatakan yuan yang lebih lemah dapat mempengaruhi won Korea Selatan, dolar Taiwan, baht Thailand, ringgit Malaysia, dan rand Afrika Selatan. SEB juga melihat peso Meksiko, forint Hungaria, leu Rumania, dan lira Turki sebagai yang paling rentan. 

Dolar Taiwan tampaknya akan berubah menjadi lebih buruk juga karena pertumbuhan ekspor yang melambat dan kebangkitan kembali greenback membebani mata uang tersebut. Mata uang pulau itu telah jatuh hampir 10 persen terhadap greenback tahun ini untuk mengungguli sebagian besar rekan-rekan Asianya.

Arus keluar ekuitas dan ketegangan di Selat Taiwan juga memberikan tekanan pada dolar lokal, sementara indikator teknis menunjukkan dolar mungkin meluncur ke 31,418 per greenback setelah menyentuh level terendah 3 tahun di 30,599 pada Jumat (2/9).

Sementara itu, Won Korea Selatan juga sudah mencapai level terendah dalam lebih dari 13 tahun pada pekan lalu karena dolar AS yang kuat, membuat otoritas valuta asing mengeluarkan peringatan lisan.

Pekan lalu, nilai tukar won/dolar sempat berakhir pada 1.345,5 won per dolar, naik 5,7 won dari penutupan sebelumnya. Ini menandai yang tertinggi dalam lebih dari 13 tahun sejak nilai tukar mencapai 1.356,8 won pada 28 April 2009.

Untuk memperlambat penurunan cepat mata uang lokal ke greenback, otoritas valuta asing negara itu secara resmi mengeluarkan peringatan lisan, mengatakan akan memantau dengan cermat apakah ada taruhan spekulatif dari pasar luar negeri untuk meningkatkan nilai tukar won/dolar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×