kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heboh FinCen Files, apa itu? Ini penjelasan lengkapnya


Senin, 21 September 2020 / 04:30 WIB
Heboh FinCen Files, apa itu? Ini penjelasan lengkapnya
ILUSTRASI. Sejumlah media di dunia ramai membahas mengenai FinCen Files. Ini merupakan dokumen yang bocor yang melibatkan transaksi dana sekitar US$ 2 triliun. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nz


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sejumlah media di dunia ramai membahas mengenai FinCen Files. Ini merupakan dokumen yang bocor yang melibatkan transaksi dana sekitar US$ 2 triliun. Transaksi ini mengungkapkan bagaimana beberapa bank terbesar di dunia mengizinkan penjahat untuk memindahkan uang hasil kejahatan ke seluruh dunia.

Mereka juga menunjukkan bagaimana oligarki Rusia telah menggunakan bank untuk menghindari sanksi yang seharusnya menghentikan mereka memasukkan uang mereka ke Barat.

Ini yang terbaru dari serangkaian kebocoran selama lima tahun terakhir yang mengungkap kesepakatan rahasia, pencucian uang, dan kejahatan keuangan.

Penjelasan soal FinCen Files

Mengutip BBC, file FinCEN terdiri lebih dari 2.500 dokumen, sebagian besar adalah file yang dikirim bank ke otoritas AS antara tahun 2000 dan 2017. File ini menimbulkan kekhawatiran tentang apa yang mungkin dilakukan klien mereka.

Baca Juga: Satgas Waspada Investasi: Banyak tawaran investasi ilegal berbentuk mata uang kripto

Dokumen-dokumen ini adalah beberapa rahasia sistem perbankan internasional yang paling dijaga ketat.

Bank menggunakannya untuk melaporkan perilaku yang mencurigakan, tetapi itu bukan bukti perbuatan salah atau kejahatan.

Foto-foto tersebut dibocorkan ke Buzzfeed News dan dibagikan dengan organisasi yang menghimpun jurnalis investigasi dari seluruh dunia, yang mendistribusikannya ke 108 organisasi berita di 88 negara, termasuk program Panorama BBC.

Baca Juga: Amerika menolak pembebasan lebih awal Madoff yang sekarat

Ratusan jurnalis telah memilah-milah dokumentasi teknis yang padat, mengungkap beberapa kegiatan di mana phak bank tidak menginginkan agar aksi ini diketahui publik.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×