kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Hidup jadi lebih bahagia dan bermakna, ini bocorannya dari Warren Buffett


Minggu, 28 Februari 2021 / 08:35 WIB
Hidup jadi lebih bahagia dan bermakna, ini bocorannya dari Warren Buffett

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Kesuksesan Warren Buffett di segala hal membuat banyak orang penasaran. Selain sukses dalam berinvestasi, Buffett juga sukses mendapatkan kehidupan yang sederhana namun bahagia.

Sang Peramal dari Omaha ini selalu tampil dalam keadaan prima dan bahagia di setiap kesempatan. 

Meskipun bergelimpangan harta, tapi bukan ini faktor Warren Buffett bahagia. Bagi Warren Buffett kebahagiaan datang bukan dari jumlah uang yang ia punya. 

Lalu apa yang membuat Warren Buffett selalu bahagia? Berikut rahasia hidup bahagia ala Warren Buffett yang dirangkum dari Medium dan Inc.

  • Lakukan apa yang disukai

Tidak ada yang lebih membahagiakan selain melakukan hal yang disukai. Hal ini juga berlaku pada Warren Buffett. 

Warren Buffett sangat menyukai pekerjaannya. Karena mengerjakan hal yang disukai, Buffett mampu bekerja dengan maksimal. Hasilnya tentu kesuksesan yang luar biasa. 

Melakukan hal yang disukai tentu membuat hati lebih bahagia. Anda tidak akan merasa berat saat melakukan pekerjaan tersebut.

Meskipun sulit, Anda tetap akan mengerjakan pekerjaan yang disukai tanpa beban.

Baca Juga: Sukses di banyak hal, ini resep rahasia yang dipakai Warren Buffett

  • Menghabiskan waktu dengan orang terkasih

Bagi Warren Buffett menghabiskan waktu dengan orang terkasih membuatnya bahagia. Buffett merasa menjadi pribadi yang lebih baik saat berada bersama orang terkasih. 

Berada di sekitar orang yang Anda sayangi bisa membangkitkan mood Anda. Anda bisa bercerita atau sekedar duduk bersama. 

Bersama dengan orang yang disayangi bisa membuat hati lebih tenang. Meskipun tidak melakukan hal mewah, bersama dengan orang terkasih bisa memperbaiki suasana hati yang buruk. 

  • Terus belajar

Warren Buffett terkenal selalu melakukan 5-Hour-Rule atau aturan 5 jam. Aturan ini biasa dilakukan oleh para miliarder dan orang sukses lainnya. 

Setiap harinya mereka menyempatkan untuk belajar atau mengembangkan diri selama 5 jam. Dengan menyempatkan waktu untuk mengembangkan diri, Anda bisa lebih percaya diri.

 Baca Juga: Bikin makin sukses, simak strategi Elon Musk saat menjalankan bisnisnya

  • Cukup tidur dan sering tertawa

Rahasia hidup bahagia ala Warren Buffett selanjutnya adalah cukup tidur. Dengan pola tidur yang teratur dan cukup, mood Anda bisa lebih baik. 

Kurang istirahat bisa mengganggu metabolisme tubuh. Hal ini akan mempengaruhi mood Anda. Anda jadi lebih sering marah, gampang stres, dan cepat lelah.

Sering tertawa juga menjadi rahasia hidup bahagia Warren Buffett. Saat Anda tertawa akan ada hormon-hormon yang meningkatkan kadar bahagia. 

  • Bersedekah

Setiap tahunnya Warren Buffett selalu menyumbangkan kekayaannya. Nilai yang Buffett sumbangkan mencapai miliaran Rupiah. 

Sumbangan dana dari Warren Buffett ditujukan ke beberapa badan amal. Salah satunya milik Bill Gates. 

Agar hidup lebih bahagia, Anda bisa mencontoh kebiasaan bersedekah Warren Buffett. Tidak perlu sebanyak yang Buffett keluarkan, tetapi sesuai dengan kemampuan. 

Jika tidak memiliki dana lebih, Anda bisa bersedekah dengan cara lain. Bersedekah dengan memberikan makanan gratis ke pemulung atau pengemis . Anda juga bisa melakukan kerja sosial di panti-panti. 

Selanjutnya: Jadi guru terbaik, ini yang didapat Bill Gates dan Jeff Bezos dari kegagalan




TERBARU

[X]
×