kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Hilangnya Menhan Kasus Terbaru, Berikut Pejabat China yang Hilang Secara Misterius


Jumat, 22 September 2023 / 12:27 WIB
Hilangnya Menhan Kasus Terbaru, Berikut Pejabat China yang Hilang Secara Misterius
Menteri Pertahanan Tiongkok Li Shangfu menghadiri Dialog IISS Shangri-La ke-20 di Singapura 2 Juni 2023. REUTERS/Caroline Chia/


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Hilangnya Menteri Pertahanan China Li Shangfu, yang sedang diselidiki karena korupsi, hanyalah kasus terbaru di mana seorang pejabat senior di rombongan Presiden Xi Jinping menghilang secara misterius.

Hilangnya orang tersebut sering kali menjadi tanda pertama bahwa seorang pejabat sedang diselidiki oleh Komisi Pusat Inspeksi Disiplin yang ditakuti – sebuah badan pengawas di bawah Partai Komunis Tiongkok yang bertugas menangani pejabat kepolisian yang dicurigai melanggar peraturan partai atau undang-undang negara bagian.

Jika pejabatnya berasal dari militer, maka badan investigasinya adalah Komisi Inspeksi Disiplin Tentara Pembebasan Rakyat. Tindakan-tindakan yang menjadi sorotan berkisar dari korupsi, ketidaksetiaan politik, hingga urusan di luar militer, seperti yang ditunjukkan dalam pengumuman lembaga pengawas tersebut di masa lalu.

Baca Juga: Menghilang dari Hadapan Publik, Rupanya Ini yang Terjadi pada Menhan China

Penghilangan orang di masa lalu telah berlangsung berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, seperti kasus penting lainnya baru-baru ini, yaitu mantan Menteri Luar Negeri Qin Gang, yang hilang sejak 25 Juni.

Berikut adalah beberapa contoh penghilangan orang baru-baru ini:

Menteri Pertahanan Li Shangfu (65)

Sebagai tokoh militer Tiongkok di depan publik, Li sedang diselidiki atas tuduhan korupsi pengadaan peralatan militer sebagai menteri pertahanan, kata 10 orang yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

Li terakhir terlihat di Beijing pada 29 Agustus memberikan pidato penting di forum keamanan dengan negara-negara Afrika. Awal bulan itu, dia mengunjungi Rusia dan Belarus. Penyelidikan dimulai tak lama setelah dia kembali dari perjalanan itu.

Baca Juga: Menteri Pertahanan China Tiba-Tiba Menarik Diri dari Pertemuan di Vietnam Pekan Lalu

Pada tanggal 3 September, kementeriannya membatalkan perjalanan Li ke Vietnam untuk pertemuan pertahanan tahunan yang dijadwalkan pada tanggal 7-8 September, dengan alasan kesehatan, menurut para pejabat Vietnam.




TERBARU

[X]
×