kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari krisis bank, Italia suntik modal


Kamis, 29 Desember 2016 / 06:05 WIB
Hindari krisis bank, Italia suntik modal


Reporter: Fahriyadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ROMA. Pemerintah Italia bersiap untuk menyuntikkan dana sebesar € 6,5 miliar atau setara US$ 6,8 miliar ke bank terbesar ketiga di negara itu, Monte dei Paschi di Siena, Italia. Jumlah dana penyelamatan untuk Monte dei Paschi ini jauh lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

Ini imbas dari langkah European Central Bank (ECB) atau Bank Sentral Eropa yang merevisi ambang batas kekurangan modal bank di Uni Eropa menjadi € 8,8 miliar dari sebelumnya hanya sebesar € 5 miliar.

Pekan lalu, Monte dei Paschi di Siena meminta dukungan pemerintah untuk merekapitalisasi bank ini, sekaligus mencegah krisis setelah calon investor mundur untuk mengucurkan dana sekitar € 5 miliar ke bank tersebut.

Nah, dengan suntikan dana ini, pemerintah Italia bakal memiliki 70% saham di bank tersebut. Namun, masalah Monte del Paschi belum tuntas hanya dengan suntikan dana dari pemerintah. Pasalnya, mereka perlu mencari dana tambahan sekitar € 2,3 miliar dari investor institusi.

Opsinya adalah mengonversikan obligasi yang dimiliki investor dalam bentuk saham, seperti yang disyaratkan oleh aturan Uni Eropa dalam menangani krisis perbankan.

Butuh persetujuan ECB

Hanya saja, tak mudah untuk konversi obligasi menjadi saham. Makanya, pemerintah Italia mengusulkan pemberian kompensasi ke lebih dari 40.000 investor ritel pemegang obligasi Monte dei Paschi senilai € 2 miliar yang belum jatuh tempo untuk menerima tawaran konversi utang jadi saham.

Sementara itu, bagi investor ritel yang obligasinya akan jatuh tempo, pemerintah Italia juga meminta untuk mengonversi obligasi ini ke saham. Selanjutnya, pemerintah akan membeli kembali saham tersebut. Namun, untuk opsi tersebut, pemerintah Italia butuh persetujuan dari Uni Eropa setidaknya hingga tiga bulan.

Salah satu sumber yang dekat dengan ECB seperti yang dikutip CNBC pada Selasa (27/12) waktu setempat menyebut, ECB akan menyelesaikan pemeriksaan terhadap portofolio bank Monte dei Paschi dan bakal mengambil sikap keras atas kekurangan modal ini.

"Upaya ini sebagai pengamanan serta membantu memulihkan kepercayaan publik terhadap perbankan," ujar sumber yang enggan disebut namanya tersebut.

Sekedar informasi, kinerja Monte dei Paschi memang menunjukkan kondisi memburuk selama bertahun-tahun. Bahkan, bank ini masuk dalam bank terlemah menurut Bank Stress Test yang digelar ECB pertengahan tahun ini.

Rencananya, pemerintah Italia akan menggunakan dana untuk menyelamatkan Monte dei Paschi ini dari sejumlah bank, seperti Bank Tuscan. Bank tertua di negeri Pizza ini menyiapkan sepertiga dana atau € 2 miliar untuk menyelamatkan Monte dei Paschi.

Saham dan surat berharga Monte del Paschi saat ini telah ditangguhkan dari perdagangan sampai skema penyelamatan ini tuntas, yakni setelah pemerintah membeli saham tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×