kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

HSBC tertarik beli saham mayoritas Nedbank


Senin, 23 Agustus 2010 / 17:52 WIB
HSBC tertarik beli saham mayoritas Nedbank

Reporter: Edy Can, AFP | Editor: Edy Can

LONDON. HSBC Holdings Plc. mengumumkan telah melakukan pembicaraan eksklusif dengan pemegang saham bank Afrika Selatan Nedbank, Old Mutual. Pembicaraan ini sebagai langkah untuk memasuki pasar emerging market.

"HSBC ingin mengetahui kemungkinan pengambilan saham mayoritas Nedbank Group Limited, sebagai bank terbesar keempat berdasarkan aset," kata HSBC dalam rilisnya kepada bursa London, Senin (23/8).

Proses negosiasi itu belum selesai. Jika pun berjalan lancar, pembelian saham mayoritas itu harus menunggu restu dari otoritas setempat.

Old Mutual mengakui telah menerima proposal dari HSBC. Pemegang saham Nedbank ini mengatakan, HSBC menawarkan pembelian 70% saham Nedbank. Namun, berapa harga yang diajukan, Old Mutual tak menyebutkannya.

Seorang sumber yang mengetahui transaksi ini mengatakan HSBC tertarik membeli saham Nedbank sebagai langkah ekspansi ke emerging market. "HSBC sangat yakin terhadap perkembangan ekonomi dan sosial di Afrika untuk jangka panjang," bisik sumber itu.

Kabarnya, HSBC harus bersaing sengit dengan Standard Chartered untuk meraih saham mayoritas Nedbank itu. Harian Financial Times melaporkan, HSBC mengajukan untuk mengakuisisi seluruh saham Nedbank.





TERBARU

Close [X]
×