kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan Diplomasi China & Kanada Memanas, Ini Penyebabnya


Selasa, 09 Mei 2023 / 14:28 WIB
Hubungan Diplomasi China & Kanada Memanas, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI. Hubungan Diplomasi China & Kanada Memanas, Ini Penyebabnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Shanghai. Hubungan diplomasi China dan Kanada memanas. Kedua negara saling mengusir diplomat.

China akan mengusir diplomat Kanada di Shanghai sebagai tindakan tit-for-tat atau pembalasan. Sebelumnya, Ottawa mengumumkan bakal memulangkan seorang diplomat China yang dituduh mencoba mengintimidasi seorang anggota parlemen Kanada yang mengkritik Beijing.

Dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situsnya, Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Selasa (9/5/2023), akan mengusir seorang diplomat di Konsulat Shanghai Kanada.

Diplomat Kanada, Jennifer Lynn Lalonde, itu telah diminta untuk meninggalkan China pada 13 Mei. "China mengutuk keras dan menentang keras hal ini dan telah mengajukan demarkasi serius dan protes keras ke Kanada," kata pernyataan itu, mengacu pada keputusan Ottawa untuk mengusir seorang diplomat China di Toronto.

Baca Juga: Impor Minyak Mentah China pada April Turun ke Level Terendah Sepanjang Tahun Ini

Kementerian Luar Negeri China melabeli Lalonde sebagai persona non grata -orang yang tidak diinginkan. "Sebagai tindakan balasan atas tindakan tidak bermoral Kanada, China memutuskan untuk mendeklarasikan Jennifer Lynn Lalonde, konsul Konsulat Jenderal Kanada di Shanghai sebagai persona non grata. China berhak untuk bereaksi lebih lanjut," jelas Kemenlu China, dikutip dari AFP.

Langkah Beijing dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan diplomat China yang berbasis di Toronto Zhao Wei harus meninggalkan negara itu. Kanada, katanya, tidak akan mentolerir segala bentuk campur tangan asing dalam urusan dalam negeri.

"Kami tetap teguh dalam tekad kami bahwa membela demokrasi kami adalah yang paling penting," jelas Melanie Joly.

Dia menambahkan bahwa diplomat asing di Kanada telah diperingatkan bahwa jika terlibat dalam perilaku seperti ini, mereka akan dipulangkan. Pengusiran tersebut menjerumuskan kedua negara ke dalam pertikaian diplomatik baru setelah hubungan yang memburuk selama bertahun-tahun.

Hubungan antara Beijing dan Ottawa telah tegang sejak Kanada menangkap seorang eksekutif tinggi Huawei pada 2018 dan penahanan dua warga negara Kanada di China sebagai pembalasan yang nyata.

Ketiganya telah dibebaskan, tetapi Beijing terus mengecam Ottawa karena sejalan dengan kebijakan China Washington, sementara pejabat Kanada secara teratur menuduh China melakukan campur tangan.

Setelah duta besar China dipanggil minggu lalu atas tuduhan campur tangan terbaru, Beijing pada Jumat lalu mengecam apa yang disebutnya fitnah dan pencemaran nama baik oleh Kanada. Kementerian luar negeri China bersikeras bahwa skandal itu dibesar-besarkan oleh beberapa politisi dan media Kanada.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "China-Kanada Saling Usir Diplomat, Ini Penyebabnya",


Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi




TERBARU

[X]
×