kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan kembali memanas, China jatuhkan sanksi ke perusahaan AS


Senin, 26 Oktober 2020 / 17:56 WIB
Hubungan kembali memanas, China jatuhkan sanksi ke perusahaan AS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China akan menjatuhkan sanksi kepada Lockheed Martin, Boeing Defense, Raytheon dan perusahaan AS lainnya yang terlibat dalam penjualan senjata ke Taiwan, seorang juru bicara kementerian luar negeri mengatakan pada hari Senin.

Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan bahwa China bertindak untuk melindungi kepentingan nasionalnya, tetapi tidak menjelaskan bentuk sanksi apa yang akan diambil.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan tiga sistem senjata ke Taiwan, termasuk sensor, rudal, dan artileri yang dapat memiliki nilai total US$ 1,8 miliar, kata Pentagon pekan lalu.

Mengutip Reuters, Senin (26/10), Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi bandel yang telah berjanji akan dikendalikan, dengan kekerasan jika perlu.

Baca Juga: Perang bisa pecah di Laut China Selatan pasca pesawat mata-mata AS incar China

"Untuk melindungi kepentingan nasional kami, China memutuskan untuk mengambil tindakan yang diperlukan dan mengenakan sanksi kepada perusahaan AS seperti Lockheed Martin, Boeing Defense, dan Raytheon, serta individu dan perusahaan yang berperilaku buruk dalam proses penjualan senjata," kata Zhao.

China telah menjatuhkan sanksi pada Lockheed Martin dan perusahaan AS lainnya di masa lalu karena menjual senjata ke Taiwan, meskipun tidak jelas bentuk hukuman apa yang telah diambil.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tetapi Washington terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

Pemerintahan Trump telah meningkatkan dukungan untuk Taiwan melalui penjualan senjata dan kunjungan pejabat senior AS, menambah ketegangan dalam hubungan antara Beijing dan Washington, yang sudah tegang oleh perselisihan tentang Laut China Selatan, Hong Kong, hak asasi manusia dan perdagangan.

Baca Juga: Biden: Ancaman terbesar bagi Amerika Serikat saat ini adalah Rusia

Seorang juru bicara Boeing mengatakan dalam pernyataan email bahwa kemitraan perusahaan dengan komunitas penerbangan China memiliki manfaat jangka panjang dan bahwa Boeing tetap berkomitmen untuk itu.

Lockheed Martin mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa semua penjualan militer internasional diatur secara ketat oleh pemerintah AS, dan kehadirannya di China dibatasi.

Selanjutnya: Putin: Rusia tidak menentang kehadiran AS di Afghanistan




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×