kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan Xi Jinping dan Vladimir Putin semakin mesra


Rabu, 30 Desember 2020 / 07:47 WIB
Hubungan Xi Jinping dan Vladimir Putin semakin mesra
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa China siap bekerja sama dengan Rusia untuk mengembangkan kemitraan strategis. Pavel Golovkin/Pool via REUTERS


Sumber: People's Daily | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hubungan antara China dengan Rusia semakin mesra. Presiden China Xi Jinping mengatakan pada hari Senin (28/12/2020) bahwa China siap bekerja sama dengan Rusia untuk mengembangkan kemitraan strategis yang komprehensif dari koordinasi untuk era baru antara kedua negara. 

Selain itu, kedua negara juga ingin mewujudkan perkembangan dan revitalisasi masing-masing, dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk membangun jenis baru hubungan internasional demi masa depan.

Melansir People's Daily, Xi membuat pernyataan itu dalam percakapan telepon dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin. Dalam perbincangan tersebut, kedua kepala negara bertukar salam tahun baru dan mengucapkan selamat tahun baru kepada masyarakat di kedua negara.

Memperhatikan bahwa 2020 adalah tahun yang luar biasa bagi China, Rusia, dan dunia pada umumnya, Xi Jinping menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap kehidupan dan keselamatan umat manusia dan memberikan pukulan berat bagi ekonomi dunia. Saat ini, dunia sedang memasuki periode turbulensi dan transformasi.

Baca Juga: Beijing lakukan penguncian untuk tekan penyebaran virus corona, pertama sejak Juni

Kedua belah pihak, kata Xi Jinping, telah mendukung satu sama lain dalam mengatasi tantangan saat ini, dan terus saling mendukung satu sama lain dalam masalah yang berkaitan dengan kepentingan utama masing-masing.

Dia menambahkan, bahwa kedua negara telah secara aktif memimpin dalam kerja sama internasional melawan Covid-19, dengan lancar mempromosikan koordinasi antara Belt and Road Initiative dan Eurasian Economic Union, dan bersama-sama merayakan ulang tahun ke-75 kemenangan Perang Anti-Fasis Dunia, serta pendirian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Baca Juga: Rusia akui jumlah kematian akibat Covid-19 terburuk ketiga di dunia




TERBARU

[X]
×