kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ibu Negara Turki Emine Erdogan memakai masker batik asal Yogyakarta


Sabtu, 28 November 2020 / 00:08 WIB
Ibu Negara Turki Emine Erdogan memakai masker batik asal Yogyakarta
ILUSTRASI. Ibu Negara Turki, Emine Erdogan, istri dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an mengenakan masker batik asal Yogyakarta.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA Ibu Negara Turki Emine Erdogan terlihat dalam beberapa kesempatan mengenakan masker batik asal Indonesia. Salah satunya adalah masker batik seniman batik Bayu Aria Widhi dari Hotwax Studio, Yogyakarta.

Dion Swasono, koordinator Fungsi Polpensosbud KBRI Ankara, menyampaikan hal ini dalam pernyataan tertulis yang diterima KONTAN, Jumat (27/11).

Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan, terpantau mengenakan masker batik tulis dari Indonesia berbahan sutera di berbagai kesempatan baru-baru ini. Informasi yang terpantau dari laman instagram 

Emine Erdogan memang dikenal sangat menggemari berbagai koleksi tekstil tradisional. 

Ia diketahui memakai masker batik bermotif parang bukan saja dalam kegiatan-kegiatan pribadi, namun juga digunakan dalam sejumlah kegiatan resmi.  

Dari pantauan terhadap laman instagram resmi Ibu Negara Turki, pada salah satu kesempatan resmi Emine Erdogan memakai masker batik adalah saat menerima kunjungan Ibu Negara Nigeria, Hadja Aissata, di komplek istana kepresidenan Cumhurbaşkanlığı Külliyesi di Ankara, 29 September 2020. 

Masker batik yang digunakan oleh Emine Erdogan adalah hadiah yang diberikan oleh Duta Besar RI Lalu Muhammad Iqbal untuk Republik Turki kepada Presiden Erdogan. 

Hadiah tersebut disampaikan pada Agustus 2020 dalam rangka perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75 dan sekaligus perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki.

"Semula kami merencanakan menyelenggarakan sejumlah kegiatan peringatan HUT RI ke-75 dan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia -Turki yang jatuh pada akhir tahun 2020. Namun karena adanya wabah, kami harus berinovasi. Dengan mengirimkan masker batik tulis sutera, kami merayakan keduanya dengan cara yang elegan, mempromosikan batik dan sekaligud menunjukkan sensibilitas terhadap kebutuhan protokol kesehatan", ujar Dion. 

Dalam rangka kedua peringatan tersebut, KBRI Ankara menyiapkan limaratusan masker batik sutera yang dikemas dalam kemasan eksklusif. 

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Turki mengirimkan masker-masker batik tersebut kepada tokoh-tokoh penting di Turki, para duta besar negara sahabat yang ada di Ankara serta friends of Indonesia di Turki. 

Inisiatif mengirimkan masker batik tulis sutera tersebut adalah sebagai bentuk promosi batik tulis yang juga memenuhi kebutuhan penerapan protokol kesehatan saat ini. 

Selain digunakan oleh Emine Erdogan, sejumlah menteri kabinet dan tokoh politik di Turki juga kerap terlihat memakai masker batik pemberian KBRI Ankara tersebut dalam berbagai acara kenegaraan dan diplomatik di Turki dalam beberapa bulan terakhir.

Masker batik tulis sutera tersebut dipesan khusus KBRI Ankara dari seniman batik Bayu Aria Widhi dari Hotwax Studio, Yogyakarta




TERBARU

[X]
×